Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penambahan Filtrat Tepung Umbi Bunga Dahlia (Dahlia Sp. L) dan Pure Pisang Ambon (Musa Paradisiaca L.) terhadap Kadar Protein, Lemak, Karbohidrat, dan Inulin Yoghurt Sinbiotik

Sukma Sari, Ira and Rustanti, Ninik and Sandi Wijayanti, Hartanti and Anjani, Gemala Pengaruh Penambahan Filtrat Tepung Umbi Bunga Dahlia (Dahlia Sp. L) dan Pure Pisang Ambon (Musa Paradisiaca L.) terhadap Kadar Protein, Lemak, Karbohidrat, dan Inulin Yoghurt Sinbiotik. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ira.pdf

Download (173kB)

Abstract

Latar Belakang : Individu dengan obesitas mengalami ketidakseimbangan mikrobiota usus, sehingga diperlukan perbaikan mikrobiota usus melalui konsumsi produk sinbiotik. Yoghurt dengan penambahan filtrat tepung umbi bunga dahlia dan pisang ambon mengandung probiotik dan prebiotik inulin yang dapat berperan dalam perbaikan komposisi mikrobiota usus.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan filtrat tepung umbi dahlia dan pure pisang ambon terhadap kandungan protein, lemak, karbohidrat dan inulin, serta menentukan formulasi terbaik dari yoghurt sinbiotik.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang terdiri dari 5 perlakuan dengan perbandingan persentase filtrat tepung umbi bunga dahlia dan pure pisang ambon, meliputi : F0 (0% : 0%), F1 (6% : 2%), F2 (6% : 4%), F3 (9% : 2%), F4 (9% : 4%). Uji kandungan protein dilakukan menggunakan metode Kjeldahl, uji kandungan lemak menggunakan metode Soxhlet, Uji kandungan karbohidrat menggunakan metode hidrolisis asam, dan uji kandungan inulin dilakukan menggunakan metode spektrofotometri. Penentuan formulasi terbaik dilakukan menggunakan metode multiatribute decision using compensatory model additive weighing technique. Analisis kandungan gizi dilakukan menggunakan uji statistik Kruskal-wallis dengan uji lanjut Mann Whitney.

Hasil : Penambahan filtrat tepung umbi bunga dahlia dan pure pisang ambon berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kadar protein (p <0,001), penurunan kadar lemak (p <0,001), peningkatan kadar karbohidrat (p <0,001), dan peningkatan kadar inulin (p <0,001). Formulasi terbaik dari penelitian ini adalah formulasi F4 (skor 0,70) dengan kandungan protein sebesar 2,40%, lemak 3,48%, karbohidrat 6,36%, dan inulin 0,54%.

Simpulan : Penambahan filtrat tepung umbi bunga dahlia dan pure pisang ambon meningkatkan kandungan protein, karbohidrat, dan inulin tetapi menurunkan kandungan lemak dari yoghurt sinbiotik secara signifikan. Formulasi F4 menjadi formulasi terbaik dengan kandungan lemak dan inulin yang sudah memenuhi standar.

Kata Kunci : Yoghurt, umbi bunga dahlia, pisang ambon, protein, lemak, karbohidrat, inulin

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 16 Aug 2024 01:01
Last Modified: 16 Aug 2024 01:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item View Item