Putri, Putu Amelia Savitha Diana (2024) Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Konsumen Terhadap Produk Frozen Fruit Bali Food Industry di Bali. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover+ ttd.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 2_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 3_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 4_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 5_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (808kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 6_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Bagian 7_Putu Amelia Savitha Diana Putri.pdf Download (870kB) |
Abstract
Produk frozen fruit merupakan bentuk olahan makanan berupa buah yang diolah dengan metode pembekuan, yang memiliki nilai jual relatif lebih tinggi dibandingkan buah segar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis nilai rata – rata maksimum WTP (Willingness to Pay) konsumen yang bersedia membayar lebih, dan menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar konsumen terhadap produk frozen fruit Bali Food Industry di Bali. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, Bali. Berdasarkan populasi sebanyak 140 orang, dipilih 58 responden menggunakan rumus slovin melalui metode purposive sampling yang kemudian jumlah responden dari setiap daerah ditentukan dengan proportionate random sampling. Metode analisis yang digunakan, meliputi analisis deskriptif, CVM (Contingent Valuation Methods), dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas dari karakteristik konsumen merupakan sebuah restoran, memiliki lama usaha dengan rentang 1 – 5 tahun, dengan mayoritas berdiri sejak tahun 2020, mayoritas berlokasi di Kabupaten Badung, dengan rentang jumlah pembelian 2 - 10 kg/sekali pembelian, dengan penilaian responden terhadap kualitas produk, harga produk, dan keamanan produk yang termasuk dalam kategori tinggi, serta memiliki frekuensi pembelian 1 – 6 kali/bulan. Sebanyak 69% bersedia membayar lebih dengan peningkatan 8,93% sampai 11,50%. Secara parsial, frekuensi pembelian berpengaruh secara signifikan terhadap kesediaan membayar konsumen produk frozen fruit di Bali Food Industry.
Kata kunci: contingent valuation methods, frozen fruit, kesediaan membayar, regresi logistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | contingent valuation methods, frozen fruit, kesediaan membayar, regresi logistik. |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 06:45 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 06:45 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |