Prisanti, Andara Nuradika (2024) Analisis Preferensi Konsumen Wortel Organik (Daucus carota L.) di Kota Semarang (Studi Kasus Komunitas Pasar Sehati Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 1).pdf Download (478kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 2).pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 3).pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 4).pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 5).pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 6).pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi_Andara Nuradika Prisanti (Bagian 7).pdf Download (766kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kombinasi atribut wortel organik yang menjadi preferensi konsumen dan menganalisis atribut preferensi konsumen yang paling dipertimbangkan dalam membeli wortel organik di Pasar Sehati Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2024 di Pasar Sehati Semarang, Kota Semarang. Pemilihan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Pasar Sehati Semarang merupakan pasar yang dikelola oleh Komunitas Pasar Sehati Semarang, yang menjual produk pangan sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Pengambilan sampel responden penelitian adalah konsumen wortel organik di Pasar Sehati Semarang Kota Semarang. Penentuan responden dilakukan dengan metode accidental sampling dan purposive sampling dengan pengambilan sampel responden dilakukan secara online dan offline sejumlah 100 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan analisis Konjoin. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjelaskan data yang telah diolah pada hasil penelitian. Analisis Konjoin digunakan untuk menganalisis preferensi konsumen terhadap level atribut wortel organik yang terdiri dari harga, ukuran, warna, dan kemasan. Hasil analisis Konjoin menunjukkan bahwa konsumen lebih menyukai wortel organik yang memiliki harga <Rp30.000,/kg; ukuran wortel besar, berwarna oranye cerah, dan dikemas menggunakan tray styrofoam. Atribut yang dianggap konsumen paling penting saat membeli wortel organik adalah atribut harga.
Kata kunci: atribut, harga, Konjoin, penjualan, warna
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | atribut, harga, Konjoin, penjualan, warna |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:58 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:58 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |