Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL, SHIFT KERJA DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL DALAM PEKERJAAN DENGAN STRES KERJA PERSONEL UNIT ARFF BANDARA X

PANJAITAN, REBECCA PATRICIA (2024) HUBUNGAN BEBAN KERJA MENTAL, SHIFT KERJA DAN HUBUNGAN INTERPERSONAL DALAM PEKERJAAN DENGAN STRES KERJA PERSONEL UNIT ARFF BANDARA X. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO REBECCA.pdf - Published Version

Download (364kB)

Abstract

Personel ARFF Bandara X memiliki tanggung jawab dan tuntutan pekerjaan yang besar karena harus stand by setiap harinya selama hampir 24 jam serta memberikan pelayanan secara tepat dan cepat untuk upaya penyelamatan serta pemadaman baik di bandar udara maupun sekitarnya apabila terdapat kecelakaan penerbangan maupun kebakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis hubungan antara beban kerja mental, shift kerja, hubungan interpersonal dalam pekerjaan dengan stres kerja pada personel ARFF Bandara X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Populasi penelitian ini sejumlah 34 personel dengan sampel sejumlah 31 personel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner stres kerja (SDSK), beban kerja mental (NASA-TLX) dan kuesioner hubungan interpersonal dari penelitian terdahulu, lalu dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan uji Fisher Exact. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara beban kerja mental (p=0.003) dengan stres kerja, serta tidak ada hubungan antara shift kerja (p=0.484) dan hubungan interpersonal dalam pekerjaan (p=0.436) dengan stres kerja.

Kata kunci : personel ARFF; stres kerja; beban kerja mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:56
Last Modified: 25 Jul 2024 04:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25244

Actions (login required)

View Item View Item