Search for collections on Undip Repository

ANALISA YURIDIS KLAUSULA EKSONERASI DALAM TRANSAKSI E- COMMERCE MELALUI MARKETPLACE BERBASIS USER GENERATED CONTENT. _205 Dagang 2024

FIKRI, ANANDA NURUL and Prananingtyas, Paramita and Sarono, Agus (2024) ANALISA YURIDIS KLAUSULA EKSONERASI DALAM TRANSAKSI E- COMMERCE MELALUI MARKETPLACE BERBASIS USER GENERATED CONTENT. _205 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Ananda Nurul Fikri_cover.pdf

Download (657kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_abstrak.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
Ananda Nurul Fikri_dapus.pdf

Download (182kB)

Abstract

Seiring berkembangnya waktu, hadir platform marketplace berbasis user generated content (UGC) dimana penjual dapat mengunggah sendiri konten produk dagangnya secara langsung dan disertai ulasan (review) dari para pembeli yang merefleksikan tingkat kepuasan mereka atas produk tersebut. Konsep UGC juga mendorong tren kerja sama endorsement dengan influencer sebagai strategi pemasaran produk. Penyelenggaraan perdagangan melalui platform marketplace berbasis UGC tentu tidak lepas dari perjanjian bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan perjanjian bisnis dalam transaksi e-commerce melalui platform marketplace berbasis UGC yang mengandung klausula eksonerasi dan upaya perlindungan hukum bagi konsumen atas adanya klausula eksonerasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah
yuridis normatif, yakni penelitian hukum dengan data primer berupa peraturan perundang-undangan disertai teknik pengumpulan data berupa wawancara sebagai bahan tambahan analisis penulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian bisnis yang berada pada lingkup platform marketplace berbasis UGC terindikasi mengandung klausula eksonerasi mulai dari perjanjian syarat dan ketentuan penggunaan platform, perjanjian jual-beli antara merchant dengan pembeli, hingga perjanjian endorsement. Perlindungan hukum atas adanya klausula eksonerasi tersebut berupa perlindungan preventif dan represif. Perlindungan preventif didasarkan pada beberapa ketentuan peraturan perundang-undangan, sementara perlindungan represif dapat ditempuh dengan jalur non-litigasi melalui BPSK maupun jalur litigasi dengan mengajukan gugatan baik diajukan sendiri ataupun melalui LPKSM.
Kata Kunci : Marketplace, User Generated Content, Klausula Eksonerasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketplace, User Generated Content, Klausula Eksonerasi
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 01 Aug 2024 11:07
Last Modified: 01 Aug 2024 11:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item