Search for collections on Undip Repository

PEMENUHAN HAK PEMILIH DALAM PEMILU (Studi Tata Kelola Distribusi Formulir C6 Di Kabupaten Banjarnegara Dan Kabupaten Magelang dalam Pemilu Serentak 2019)

Wibisono, Wahyudi (2024) PEMENUHAN HAK PEMILIH DALAM PEMILU (Studi Tata Kelola Distribusi Formulir C6 Di Kabupaten Banjarnegara Dan Kabupaten Magelang dalam Pemilu Serentak 2019). Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
COVER 0.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (98kB)

Abstract

Salah satu ciri negara demokrasi adalah adanya pemilihan umum (pemilu) yang dilakukan secara berkala sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang dasar negara tersebut. Dalam pelaksanaan pemilu, negara tidak saja melaksanakan amanat rakyat namun juga menjadi salah satu bentuk bahwa kekuasaan tertinggi adalah ditangan rakyat. Formulir C6 berkepala “Surat Pemberitahuan” tapi isinya menyatakan “mengundang saudara“. Akibatnya jika tidak menerima C6 ada kemungkinan pemilih yang bersangkutan yang memutuskan sendiri untuk tidak menggunakan hak pilihnya. Selain itu terjadi pula pemilih ditolak KPPS untuk menggunakan hak pilihnya oleh karena ketidaktahuan petugas KPPS. Penelitian ini bertujuan menganalisis KPU Kabupaten Magelang dan KPU Kabupaten Banjarnegara dalam tata kelola distribusi Form C6 kepada pemilih, dan menganalisis strategi KPU Kabupaten Magelang dan KPU Kabupaten Banjarnegara untuk mengoptimalkan tata kelola distribusi form C-6. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Studi kasus merupakan studi yang mengeksplorasi suatu kasus secara mendalam, mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Kasus ini dapat berupa suatu peristiwa, aktivitas, proses, dan program.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa adanya pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DTP) namun tidak menerima menerima Formulir C6 pada Pemilu 2019 disebabkan oleh sistem pendataan pemilih yang tidak mengikuti dinamika kependudukan, prosedur yang panjang, perubahan status identitas kependudukan, sistem pemutakhiran kurang baik, dan strategi KPU untuk mengoptimalkan pengelolaan administrasi form C-6 dilakukan dengan cara membuka pengaduan dan pelayanan terhadap masyarakat yang telah terdaftarnamun tidak menerima Formulir C6, meningkatkan kinerja dan ketelitian dalam penyelenggaraan pemilu, dan melakukan sosialisasi tentang hak pilih dan persyaratan menggunakan hak pilih.

Kata Kunci: Distribusi, Form C6, dan Hak Pilih.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:24
Last Modified: 18 Jul 2024 07:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item