Search for collections on Undip Repository

PRODUKSI MEDIA PERSUASIF UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TENTANG FASILITAS WARGA DIFABEL PADA CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO

Reinaldo, Joshua Mitchell Lucian (2024) PRODUKSI MEDIA PERSUASIF UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TENTANG FASILITAS WARGA DIFABEL PADA CIVITAS AKADEMIKA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_Joshua Mitchell.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text
S_Joshua Mitchell.docx - Published Version

Download (585kB)

Abstract

Awareness (Kesadaran) terhadap fasilitas bagi difabel di lingkungan kampus terutama pada penyebaran informasi menjadi aspek penting dalam mewujudkan inklusi sosial yang merata di Universitas Diponegoro. Salah satu aspek yang masih menjadi permasalahan saat ini adalah rendahnya tingkat awareness dari mahasiswa terhadap fasilitas difabel dalam memberi akses langsung kepada pengguna fasilitas difabel, selain itu kurangnya informasi dari kampus mengenai kelengkapan dan penggunaan fasilitas difabel masih menjadi persoalan, hal ini dibuktikan dengan riwayat konten terkait fasilitas difabel yang terakhir di unggah pada 2 tahun yang lalu. Tugas akhir ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) terhadap fasilitas difabel di lingkungan kampus melalui media informasi dan dipublikasi melalui platform media sosial Undip. Latar belakang project karya Tugas Akhir dilandasi oleh hasil prasurvei melalui kuesioner yang disebarkan kepada sampel mahasiswa Undip serta hasil dari wawancara dengan mahasiswa difabel. Hasil dari implementasi karya tersebut terdapat hasil yang diperoleh seperti meningkatnya jumlah penonton dan like pada akun Youtube Undip TV salah satunya sebesar 443 views dan 88 like, selain itu indikator lain pada kuesioner penilaian keberhasilan program mendapat presentase sebanyak 98% tingkat keefektifan program dari 51 responden yang menilai. Hasil tersebut menunjukkan bahwa karya penulis dengan program Undip ramah difabel menunjukan indikasi yang sangat baik. bahwa meskipun terdapat beberapa upaya untuk menyediakan fasilitas bagi difabel, kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya fasilitas ini masih rendah. Oleh karena itu Implikasi dari project ini adalah perlunya peningkatan program pendidikan, kesadaran sosial, dan informasi di Undip untuk meningkatkan inklusi difabel di lingkungan kampus.
Kata Kunci: Awareness, Fasilitas Difabel, Video persuasif, Mahasiswa, Universitas Diponegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Awareness, Fasilitas Difabel, Video persuasif, Mahasiswa, Universitas Diponegoro.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:59
Last Modified: 17 Jul 2024 08:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item