Search for collections on Undip Repository

ANALISIS POLA KONSUMSI DAN FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI PADA BULAN RAMADHAN (STUDI KASUS KOTA SEMARANG, PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2023)

BESTARI, Venia Eka (2024) ANALISIS POLA KONSUMSI DAN FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI PADA BULAN RAMADHAN (STUDI KASUS KOTA SEMARANG, PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2023). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219130039.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219130039.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219130039.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219130039.pdf - Published Version

Download (609kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219130039.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219130039_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Konsumsi masyarakat Kota Semarang meningkat pada bulan Ramadhan dan di
saat yang bersamaan terjadi kenaikan harga dan inflasi. Padahal seharusnya selama
bulan Ramadhan hendaknya masyarakat mengendalikan keinginannya untuk
berbelanja secara berlebihan, karena prinsip puasa dalam Islam adalah melatih
masyarakat untuk menjadi sederhana dalam berkonsumsi. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi fenomena peningkatan konsumsi pada bulan Ramadhan yang terjadi
pada masyarakat Kota Semarang. Diantaranya bisa dari budaya, sosial, religiusitas,
psikologi atau lainnya. Sejumlah studi telah meneliti faktor-faktor yang memengaruhi
pola konsumsi masyarakat secara umum. Meskipun demikian, penelitian mengenai
pola konsumsi masyarakat pada bulan Ramadhan masih relatif sedikit dan lebih banyak
menggunakan metode kualitatif dibanding kuantitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi dan faktor-faktor
yang mempengaruhi pola konsumsi masyarakat kota Semarang pada bulan Ramadhan
tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial
Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui aplikasi SmartPLS
3.0. Variabel dalam penelitian ini ada tiga yaitu variabel independen (Religiusitas),
variabel dependen (Pola Konsumsi), dan variabel intervening (Psikologi, Sosial, dan
Pribadi).
Hasil dari penelitian ini menyatakan berdasarkan jawaban responden melalui
kuesioner hampir 80% dari 132 sampel masyarakat kota Semarang mengalami
kenaikan biaya konsumsi pada bulan Ramadhan. Religiusitas memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap Psikologi, Sosial, Pribadi, dan Perilaku Konsumsi
masyarakat kota Semarang pada bulan Ramadhan. Religiusitas, Sosial, dan Pribadi
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi masyarakat kota
Semarang pada bulan Ramadhan. Sedangkan Psikologi tidak memiliki pengaruh
terhadap perilaku konsumsi masyarakat kota Semarang pada bulan Ramadhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Pola konsumsi, Pribadi, Psikologi, Religiusitas, Sosial
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:03
Last Modified: 12 Jul 2024 07:03
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item