Search for collections on Undip Repository

PERGESERAN KEKUASAAN KEPALA DESA DARI GOLONGAN ADAT KE GOLONGAN NON ADAT (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa di Desa Maurole, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende Tahun 2019)

Suryani Seran, Maria Florida (2024) PERGESERAN KEKUASAAN KEPALA DESA DARI GOLONGAN ADAT KE GOLONGAN NON ADAT (Studi Kasus Pemilihan Kepala Desa di Desa Maurole, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende Tahun 2019). Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
COVER 0.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (773kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pergeseran kekuasaan kepala desa dari golongan adat ke golongan non adat dalam Pilkades di Desa Maurole dan Perspektif Masyarakat tentang kepemimpinan kepala desa dari golongan non adat di Desa Maurole tahun 2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, yakni dengan eksplorasi suatu kasus secara mendalam, mengumpulkan informasi secara lengkap dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data berdasarkan waktu yang telah di tentukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pergeseran kekuasaan kepala desa dari golongan adat ke golongan non adat, dikarenakan Masyarakat merasa jenuh dan kecewa terhadap kepemimpinan golongan adat (Mosalaki) sebagai kepala desa yang dinilai terlalu kaku serta tidak memberikan akses kepada Masyarakat untuk mengambil bagian dalam pembuatan kebijakan desa. Hal ini yang membuat masyarakat tidak lagi memilih kepala desa yang datang dari golongan adat (Mosalaki), namun lebih memilih kepala desa yang dari golongan non adat (Masyarakat biasa). Akan tetapi, dengan terpilihnya golongan non adat sebagai kepala desa, yang sebelumnya dinilai merupakan sosok pemimpin yang diharapkan Masyarakat selama ini, nyatanya malah sama saja dengan kepala desa sebelumnya yang datang dari golongan adat, yang lebih mementingkan kepentingan kelompok disbanding kepentingan masyarakat.

Kata Kunci: Pergeseran Kekuasaan, Adat dan Non Adat, Pemilihan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:01
Last Modified: 05 Jul 2024 09:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item