Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT: APLIKASI SI D’NOK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG

Anggoro, Ardika Septyo (2024) IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT: APLIKASI SI D’NOK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (369kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (75kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (87kB)

Abstract

Semakin tingginya pertumbuhan penduduk Indonesia akan berbanding lurus
dengan permintaan akan kualitas pelayanan publik. Untuk meningkatkan kualitas
pelayan publik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang
mengeluarkan aplikasi bernama Si D’nOK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi e-government
pada aplikasi SiD’nOK dan mencari hambatan yang terjadi pada saat pelaksanaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Sumber data diperoleh dari data sekunder melalui studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SiD’nOK sudah memenuhi 3 aspek egovernment. Aspek yang pertama adalah dukungan (support), Program Si D'nOK
memiliki dasar hukum dan regulasi yang jelas dari top down sehingga memberikan
kepastian hukum bagi terselenggaranya Program Si D'nOK. Aspek yang kedua
adalah kapablitas (capability), Program Si D'nOK memiliki dukungan sumber daya
anggaran, dukungan sumber daya manusia dan dukungan infrastruktur teknologi
informasi. Dengan kata lain, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
mempunyai kemampuan yang cukup untuk menyelenggarakan digitalisasi layanan.
Pada aspek nilai (value), Program Si D'nOK sudah dirasakan masyarakat kendati
belum banyak. Beberapa Masyarakat menjadi terbantu oleh Si D’nOK karena dapat
melakukan perminntaan administrasi kependudukan dengan tidak datang langsung
ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang.
Namun demikian masih terdapat banyak hambatan dalam pelaksanaan Si
D’nOK. Hambatan datang dari internal dan eksternal. Hambatan internal datang
dari kurangnya kualitas sumber daya manusia yang mengelola Si D’nOK sehingga
menyebabkan pelayanan menjadi berkurang. Hambatan eksternal datang dari
budaya Masyarakat yang belum terlalu mengenal dengan kemajuan teknologi
sehingga lebih memilih untuk datang langsung ke kantor Dinas Kependudukan dan
Catatan Sipil daripada menggunakan Si D’nOK.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, e-government.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:17
Last Modified: 05 Jul 2024 06:17
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24839

Actions (login required)

View Item View Item