Search for collections on Undip Repository

KORELASI KADAR VITAMIN D DENGAN AIP (ATHEROGENIC INDEX OF PLASMA) PADA PASIEN STROKE ISKEMIK

Rahmawati, Febrina Dian and Sulchan, Mohammad and Murbawani, Etisa Adi and SUBAGIO, HERTANTO W and Christianto, Febe (2024) KORELASI KADAR VITAMIN D DENGAN AIP (ATHEROGENIC INDEX OF PLASMA) PADA PASIEN STROKE ISKEMIK. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (FEBRINA DIAN RAHMAWATI-22041820320008-TESIS-ABSTRAK)
FEBRINA DIAN RAHMAWATI-22041820320008-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (40kB)

Abstract

Latar belakang: Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko penyakit stroke. Defisiensi vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko dislipidemia. Banyak studi klinis berusaha untuk memperkenalkan penanda aterogenik yang dapat memprediksi risiko penyakit kardiovaskular .
Atherogenic Index of Plasma (AIP) adalah indikator yang menggambarkan risiko atherogenik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kadar vitamin D dengan AIP pada pasien stroke iskemik.

Metode penelitian: Penelitian cross sectional terhadap 42 pasien stroke iskemik yang dirawat di Unit Stroke RSUP dr.Kariadi Semarang. Data mencakup kadar vitamin D serum, AIP, trigliserida, dan HDL- kolesterol. Dilakukan uji korelasi antara kadar vitamin D dengan nilai AIP.

Hasil : Subyek terdiri dari 26 laki-laki dan 16 perempuan (rerata usia 62 tahun). Rerata kadar vitamin D 18.07 ng/ml, status defisiensi 24%, insufisiensi 13%, normal 5%. Rerata nilai AIP 0.51, risiko tinggi >0.21 (90.5%). Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kadar vitamin D dengan AIP pada pasien stroke iskemik (p < 0,05). Pasien dengan kadar vitamin D yang lebih rendah cenderung memiliki AIP yang lebih tinggi, yang menunjukkan risiko atherogenik yang lebih besar.

Simpulan: Kadar vitamin D yang rendah berkontribusi terhadap peningkatan risiko atherosklerosis dan kejadian kardiovaskular pada pasien stroke iskemik.

Kata kunci : Vitamin D, Atherogenic Index of Plasma (AIP), Stroke Iskemik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Vitamin D, Atherogenic Index of Plasma (AIP), Stroke Iskemik
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:41
Last Modified: 04 Jul 2024 06:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item