Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Edukasi Berbasis Vedio Terhadap Self-efficacy Pasien Stroke Pasca Akut

Widiyanto, Doto and handayani, fitria and Johan, Andrew (2024) Pengaruh Edukasi Berbasis Vedio Terhadap Self-efficacy Pasien Stroke Pasca Akut. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Halaman depan.pdf

Download (235kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Daftar pustaka.pdf

Download (170kB)
[img] Text
22020120410027-Dorto Widayanto-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penderita stroke akan merasakan dampak penyakit antara lain adanya gangguan fisik, kognitif, dan penurunan kesejahteraan psikologis. Masalah-masalah ini memiliki implikasi yang buruk bagi persepsi individu tentang keyakinan dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Sebanyak 70 % pasien stroke mengalami penurunan self-efficacy akibat dari kecacatan. Pengetahuan terkait stroke pada populasi risiko tinggi kekambuhan masih sangat rendah. Edukasi dan dukungan sosial perlu dilakukan ketika menargetkan self-efficacy pasien stroke. Namun metode pemberian edukasi pada pasien stroke pasca akut dipelayanan rumah sakit saat ini masih banyak dilakukan dengan menggunakan media kertas. Di sisi lain Penggunaan media video mempunyai intensitas tinggi untuk mempersepsikan materi edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video terhadap self-efficacy pasien stroke pasca akut. Metode kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen telah digunakan dalam penelitian ini. Responden pada penelitian ini adalah pasien stroke dengan jumlah sample sebanyak 52 responden. Kelompok intervensi mendapatkan edukasi menggunakan media video selama 5 hari sedangkan kelompok kontrol mendapatkan edukasi standar rumah sakit. Pengukuran stroke self- efficacy quesioner (SSEQ) dilakukan terhadap 2 kelompok sebelum dan sesudah intervensi. Uji paired t-tes digunakan untuk mengetahui pengaruh edukasi berbasis video terhadap self-efficacy, diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 pada kelompok intervensi . Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,543. Berdasarkan hasil uji beda selisih antara kelompok kontrol dengan kelompok intervensi diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh edukasi berbasis video terhadap self-efficacy pasien stroke pasca acut. Hasil penelitian ini memberikan masukan bagi rumah sakit agar dijadikan bahan untuk menyusun kebijakan dan perencanaan terkait dengan mengoptimalkan cara, metode, maupun media edukasi dalam meningkatkan selfefficacy pasien stroke di rumah sakit.

Kata kunci : intervensi edukasi berbasis video, self-efficacy, pasien stroke pasca acut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program in Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:38
Last Modified: 03 Jul 2024 07:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item