Oktavia, Helga Andrea (2024) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES AKUN X @PRABOWO DAN CITRA POLITIK PRABOWO SUBIANTO TERHADAP MINAT MEMILIH PRABOWO SUBIANTO PADA PEMILU 2024. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (76kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (103kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya sentimen negatif terhadap
Prabowo Subianto di platform media sosial X, meskipun ia semakin aktif di X dan
mendapatkan peningkatan engagement. Survei oleh LSI Denny JA juga
menunjukkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto unggul dibandingkan
kandidat lainnya, salah satu faktornya adalah julukan "gemoy". Namun, dampak
tersebut tidak selalu positif di semua platform. Di X, Prabowo menerima lebih
banyak sentimen negatif, terutama saat dan setelah debat. Penelitian ini bertujuan
untuk menjelaskan pengaruh intensitas mengakses akun X @prabowo dan citra
politik Prabowo Subianto terhadap minat memilih Prabowo Subianto pada Pemilu
2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatori dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling terhadap 100 responden berusia 17-40
tahun yang menggunakan X dan pernah mengakses akun @prabowo.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa intensitas mengakses akun X
@prabowo berpengaruh positif terhadap minat memilih Prabowo Subianto pada
Pemilu 2024 (β = 0,200 p < 0,001). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi
tingkat intensitas responden dalam mengakses akun X @prabowo semakin tinggi
pula minat memilih Prabowo Subianto pada Pemilu 2024. Temuan ini sejalan
dengan Media Dependency Theory yang menjelaskan bahwa ketergantungan
individu pada media tertentu memengaruhi besarnya pengaruh media terhadap
individu tersebut. Selain itu, citra politik Prabowo Subianto juga terbukti
berpengaruh positif terhadap minat memilih Prabowo Subianto pada Pemilu 2024
(β = 0,656, p = 0,000). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin baik penilaian
responden mengenai citra politik Prabowo Subianto, semakin tinggi minat mereka
untuk memilihnya pada Pemilu 2024, dan sebaliknya. Hasil ini sejalan dengan
teori Low Information Rationality, di mana pemilih mengevaluasi citra kandidat
sebagai faktor untuk menyederhanakan proses pemilihan kandidat. Temuan
penelitian ini menyoroti pentingnya pentingnya peran media sosial X dan citra
politik kandidat dalam memengaruhi sikap pemilih terhadap kandidat tersebut
dalam pemilihan.
Kata Kunci: Akun X Prabowo Subianto, Citra Politik, Minat Memilih,
Pemilu 2024
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 09:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 09:20 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |