Madani, Ndaru (2024) ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM SPORTS BRANDING PADA INSTAGRAM KLUB PSIS SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Cover Skripsi new.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (38kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (109kB) |
Abstract
Era media baru ditandai dengan adanya penggunaan sosial media secara masif,
khususnya instagram. Salah satu tujuan adanya sosial media Instagram tentunya adalah
untuk melaksanakan proses branding. Instagram sudah menjadi keharusan bagi
masyarakat, baik perseorang, lembaga, hingga klub sepakbola Klub sepakbola PSIS
Semarang adalah salahsatu klub yang menggunakan Instagram sebagai laman
komunikasi dengan khalayak luas dan pemanfaatan branding. Pada penelitian ini, akan
dikaji sports branding yang dilakukan oleh Klub PSIS Semarang melalui sosial media
Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif serta pendekatan
deskriptif. Data yang diambil dalam penelitian merupakan data primer dari manajer
sosial media Klub PSIS Semarang, supporter PSIS Semarang, dan pengguna Instagram
secara umu. Data akan diolah hingga didapatkan narasi dari masing-masing sudut
pandang sports branding yang dilakukan oleh PSIS Semarang.
Penelitian ini memberikan hasil : 1. Brand Awareness, PSIS Semarang telah
mendapatkan pengenalan yang baik di masyarakat. 2. Brand Image. PSIS Semarang
telah membangun image yang baik di platform Instagram. 3. Brand Engagement, PSIS
Semarang telah membangun engagement yang baik dengan khalayak di platform
Instagram. 4. Content Strategy. Instagram PSIS Semarang memuat konten yang baik
dan menerapkan strategi yang baik. 5. Fan Relationship Management, Instagram PSIS
Semarang telah membangun hubungan yang baik dengan fans. 6. Brand Equity,
Instagram PSIS Semarang telah memiliki nilai khas dan khusus sebagai sebuah klub
sepakbola. 7. Competitive Advantage, PSIS Semarang melalui Instagram menawarkan
keunggulan kecepatan yang menjadi nilai tambah pada konten. 8. Consistency, PSIS
Semarang secara konsisten membawa ciri khas objek Kota Semarang sebagai symbol
dalam jersey dan Instagram. 9. Storytelling, PSIS membangun hubungan intim dengan
menyajikan cerita hidup pemain. 10. Innovation, PSIS Semarang selalu memberikan
inovasi dalam konten yang disajikan.
Kata kunci : Instagram, PSIS Semarang, Sports Branding
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 09:29 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 09:29 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |