Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI REDMI NOTE SERIES DI KOTA SALATIGA)

Almahasna, Vania Adi (2024) PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE XIAOMI REDMI NOTE SERIES DI KOTA SALATIGA). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (299kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (144kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, smartphone telah menjadi kebutuhan esensial,
mendorong perusahaan untuk berinovasi demi memenangkan persaingan di pasar.
Penelitian ini mengkaji bagaimana Xiaomi, meskipun sebagai produsen elektronik
terkemuka, mengalami penurunan pangsa pasar di Indonesia selama 2021-2022 dan
belum mampu meraih Top Brand Award karena menghadapi pesaing dengan citra
merek, kualitas produk, dan strategi harga yang lebih efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terutama
pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga pada keputusan pembelian seri
Xiaomi Redmi Note di Kota Salatiga. Menggunakan metode explanatory research,
penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner dari 100 responden yang
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data primer dilakukan
menggunakan analisis uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, koefisien
determinasi, regresi linear sederhana dan berganda, serta uji signifikansi (uji t dan
F) menggunakan SPSS versi 27.0. Responden dalam penelitian ini adalah
konsumen yang telah membeli Xiaomi Redmi Note Series di Kota Salatiga.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas produk juga berdampak besar
pada keputusan pembelian. Sedangkan harga mempengaruhi keputusan pembelian
Secara bersamaan, citra merek, kualitas produk, dan harga secara kolektif memiliki
pengaruh signifikan pada keputusan pembelian.
Berdasarkan penelitian ini Xiaomi disarankan untuk melakukan uji kualitas
rutin untuk memastikan spesifikasi sesuai, menyesuaikan strategi penetapan harga
berdasarkan analisis pasar dan umpan balik konsumen, mendorong inovasi dengan
membentuk tim riset dan pengembangan, fokus pada kesesuaian spesifikasi dengan
kebutuhan konsumen, dan meningkatkan fitur sesuai tren teknologi terkini. Selain
itu Xiaomi perlu membuat strategi pemasaran yang menekankan manfaat produk.
Dengan memperkuat citra merek melalui kampanye branding konsisten, menjaga
kualitas produk, dan harga kompetitif, Xiaomi dapat meningkatkan keputusan
pembelian yang berkelanjutan.

Kata Kunci: Citra merek, kualitas produk, harga, dan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:50
Last Modified: 02 Jul 2024 06:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24653

Actions (login required)

View Item View Item