Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Sorghum (Sorghum Bicolor L. Moench) Terhadap Asam Lemak Rantai Pendek Pada Remaja Obesitas

Rahmaditia, Tyas and Setiawati, Maria Mexitalia and Pratiwi, Rina (2024) Pengaruh Pemberian Sorghum (Sorghum Bicolor L. Moench) Terhadap Asam Lemak Rantai Pendek Pada Remaja Obesitas. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak Tyas Rahmaditia)
Abstrak Tyas Rahmaditia.pdf

Download (112kB)

Abstract

Latar belakang: Salah satu upaya dalam pencegahan obesitas adalah dengan mengkonsumsi asupan tinggi serat yang banyak mengandung zat pati yang tidak dapat dicerna secara enzimatis (resistant starch). Salah satu serealia yang kandungan seratnya lebih tinggi daripada beras dan gandum, serta masih jarang dikembangkan dalam diet obesitas adalah sorghum.

Tujuan: Melihat perbedaan pemberian sorghum terhadap profil asam lemak rantai pendek remaja obesitas.

Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan one grup pre post test pada 15 anak obesitas dengan rentang usia 13-15 tahun yang bersekolah di SMP Negeri 14 Semarang yang dipilih secara consecutive sampling. Katergori BMI Z-score diukur berdasarkan kriteria WHO. Parameter kadar asam lemak rantai pendek diambil melalui pemeriksaan feses. Data asupan nutrisi diambil menggunakan kuesioner food recall. Intervensi snack sorghum diberikan selama 28 hari. Uji hipotesis dengan uji t-test.

Hasil: Pada intervensi sorghum selama 28 hari tidak didapatkan perbedaan yang bermakna pada kadar SCFA antara sebelum dan sesudah pemberian sorghum(p 0,777) beserta komponennya kadar asetat (p 0,610), kadar propionate (p 0,150), kadar butirat (p 0,686) dan kadar valerat (p 0,116). Terdapat perbedaan bermakna pada kadar nutrisi yaitu Total Dietary Fiber (TDF) (p < 0,001), karbohidrat (p < 0,001), dan protein (p 0,010) antara sebelum dan sesudah pemberian sorghum namun tidak didapatkan perbedaan yang bermakna pada kadar lemak (p 0,753).

Kesimpulan: Diet sorghum memberikan perbedaan pada kadar nutrisi seperti TDF, karbohidrat, dan protein namun tidak memberikan perbedaan terhadap kadar SCFA beserta komponennya

Kata kunci: Obesitas, sorghum, asam lemak rantai pendek

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Obesitas, sorghum, asam lemak rantai pendek
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:15
Last Modified: 02 Jul 2024 07:15
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24622

Actions (login required)

View Item View Item