Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TENTANG PELAYANAN YANG KURANG BAIK DAN JUJUR SERTA DESKRIMINATIF DALAM KEDAI KOPI OLEH PELAKU USAHA DI KOTA SEMARANG. _133 DAGANG 2024

PAHLAVAN, PRABUKUSUMA ALAM and Santoso, Budi and Suharto, R. Suharto (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TENTANG PELAYANAN YANG KURANG BAIK DAN JUJUR SERTA DESKRIMINATIF DALAM KEDAI KOPI OLEH PELAKU USAHA DI KOTA SEMARANG. _133 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
Prabukusuma Alam Pahlavan_dapus.pdf

Download (116kB)

Abstract

Perkembangan berbagai jenis kopi dan munculnya kedai kopi telah membantu kopi lebih dekat dengan masyarakat dan menjadi bagian dari gaya hidup kontemporer. Masih maraknya kedai kopi di semarang yang tidak menaati hukum perlindungan konsumen terkait pelayanan yang kurang baik dan jujur serta diskriminatif. Jenis penelitian hukum ini mengkaji menggunakan penelitian hukum normatif. Sumber bahan dari bahan pustaka, buku, jurnal, artikel, dan lain lain. Bahan hukum yang diperoleh dalam penelitian studi kepustakaan, aturan perundang-undangan, dan artikel dimaksud penulis uraikan dan hubungkan sedemikian rupa. Pemerintah telah memberikan perlindungan tersebut melalui UU Perlindungan Konsumen. Menurut Pasal 1 angka 1 UU Perlindungan Konsumen. Sanksi administratif yang dapat dijatuhkan menurut Pasal 60 ayat 1 dan Pasal 60 ayat 2 Undang-Undang Perlindungan Konsumen adalah ganti rugi sampai setinggi-tingginya Rp. 200.000.00,-. Pelaku usaha langsung dianggap bersalah dalam kasus gugatan ganti rugi karena prinsip praduga bersalah digunakan. Satu hak pokok konsumen adalah hak atas ganti rugi atas kerugian yang diderita konsumen sebagai akibat dari pemakaian barang konsumsi atau pelayanan. Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dilakukan melalui bentuk-bentuk pertanggungjawaban seperti contractual liability, product liability, dan criminal liability. Pemerintah harus meningkatkan pengawasan terhadap pelaku usaha di sektor kedai kopi untuk memastikan bahwa mereka mematuhi ketentuan hukum terkait dengan pelayanan konsumen.
Kata Kunci : Kedai Kopi di Semarang, Perlindungan Konsumen, Hak-Hak Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kedai Kopi di Semarang, Perlindungan Konsumen, Hak-Hak Konsumen
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:51
Last Modified: 09 Jul 2024 01:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24607

Actions (login required)

View Item View Item