Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN BAKU PADA TERMS AND CONDITIONS PENGGUNA PLATFORM SHOPEEPAY. _99 PERDATA 2024

TEDJAWINATA, ARNOLDUS and Badriyah, Siti Malikhatun and Adhi, Yuli Prasetyo (2024) ANALISIS YURIDIS PERJANJIAN BAKU PADA TERMS AND CONDITIONS PENGGUNA PLATFORM SHOPEEPAY. _99 PERDATA 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-cover.pdf

Download (818kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-abstrak.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Arnoldus Tedjawinata-dapus.pdf

Download (208kB)

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia selalu berinteraksi satu sama lain. Hal ini menyebabkan munculnya hubungan hukum yang diatur melalui perjanjian. Ketentuan mengenai perjanjian, termasuk dalam e-commerce, diatur berdasarkan KUHPerdata dan asas-asas hukum perjanjian. Salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee, menyediakan metode pembayaran ShopeePay dengan terms and conditions berbentuk perjanjian baku (standard contract). Bentuk baku ini menimbulkan pertanyaan mengenai keabsahannya sebagai suatu bentuk perjanjian yang dilindungi KUHPerdata dan asas-asas hukum perjanjian. Dituliskannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keabsahan e-contract pada terms and conditions pengguna platform ShopeePay berdasarkan Pasal 1320 KUHPerdata serta asas-asas hukum perjanjian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis normatif dan spesifikasi penelitian
deskriptif analitis. Sumber data yang digunakan ialah data sekunder, terdiri atas dokumen resmi, buku-buku terkait penelitian, makalah, disertasi, dan peraturan perundang-undangan. Data-data akan ditelaah, lalu dihimpun menjadi ulasan yang menggambarkan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menarik kesimpulan bahwa e-contract ShopeePay memenuhi syarat keabsahan perjanjian berdasarkan Pasal 1320 KUHPerdata, yaitu sepakat mereka yang mengikatkan dirinya, kecakapan untuk membuat suatu perikatan, suatu hal tertentu, dan suatu sebab yang halal.
E-contract ShopeePay juga memenuhi asas-asas hukum perjanjian yang diatur dalam KUHPerdata, yakni asas kebebasan berkontrak, asas konsensualisme, asas kepastian hukum (pacta sunt servanda), asas itikad baik, dan asas kepribadian.
Kata Kunci: Perjanjian Baku, E-Contract, Keabsahan Perjanjian, Asas Hukum Perjanjian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Baku, E-Contract, Keabsahan Perjanjian, Asas Hukum Perjanjian
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:50
Last Modified: 09 Jul 2024 01:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24604

Actions (login required)

View Item View Item