Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Vitamin D dengan Kadar Irisin dan Resistin Studi pada Penderita Talasemia Mayor Anak-anak

Putri, Vera Oktaria and Widyastiti, Nyoman Suci and Triwardhani, Ria (2024) Hubungan antara Vitamin D dengan Kadar Irisin dan Resistin Studi pada Penderita Talasemia Mayor Anak-anak. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
ABSTRAK-TESIS.pdf

Download (143kB)

Abstract

Latar Belakang : Talasemia adalah kondisi kelainan darah ditandai dengan penurunan atau tidak adanya sintesis rantai globin normal. Pengobatan talasemia memerlukan transfusi darah yang berisiko menyebabkan kelebihan zat besi. Akumulasi besi dapat menyebabkan kerusakan organ, seperti hepar, otot dan jaringan adiposit. Kerusakan pada hepar menyebabkan gangguan sintesis vitamin D, yang memiliki peran dalam homeostasis muskuloskeletal dan lemak, irisin dan resistin merupakan hormon yang diproduksi oleh otot dan jaringan adiposit. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kadar vitamin D dengan irisin dan resistin, pada pasien talasemia.
Metode : 64 pasien anak talasemia mayor di RSUP Dr. Kariadi yang mendapatkan transfusi rutin dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi dilibatkan. Data demografik diperoleh dari wawancara dan rekam medis pasien. Sampel darah vena pasien diambil untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Kadar vitamin D, irisin, dan resistin dinilai menggunakan metode ELISA. Hasil yang diperoleh dilakukan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan data terdistribusi normal dilanjutkan uji korelasi Pearson dan yang terdistribusi tidak normal dilanjutkan uji korelasi Spearman. Nilai p < 0,05 dianggap signifikan.
Hasil : Rerata dari kadar vitamin D adalah 29,11 ± 9,97 ng/ml, rerata dari kadar irisin dan resistin adalah 12,78 ± 7,60 ng/ml dan 4,43 ± 2,81 ng/ml. Kadar vitamin D didapatkan berkorelasi dengan kadar irisin (r = 0,266; p = 0,034) dan kadar vitamin D tidak berhubungan dengan kadar resistin ( r = 0,102; p = 0,424).
Kesimpulan : Kadar vitamin D berhubungan positif lemah dengan kadar irisin pada pasien anak dengan talasemia mayor.
Kata Kunci : Talasemia mayor, vitamin D, irisin, resistin

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Talasemia mayor, vitamin D, irisin, resistin
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:51
Last Modified: 03 Jul 2024 06:51
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item