Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA PRODUK BATA (Studi pada Pengguna Alas Kaki Bata di Kota Semarang)

Apriliani, Ririn (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP BRAND LOYALTY MELALUI BRAND TRUST PADA PRODUK BATA (Studi pada Pengguna Alas Kaki Bata di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. Cover_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
2. BAB I_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version

Download (726kB)
[img] Text
3. BAB II_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version

Download (790kB)
[img] Text
4. BAB III_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] Text
5. BAB IV_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version

Download (197kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version

Download (199kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN_Ririn Apriliani.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri alas kaki telah berkembang menjadi lebih dari sekedar kegunaan,
seperti aksesoris dibidang fashion. Produk Bata merupakan salah satu produk
sepatu yang sudah ada sejak lama di Indonesia, namun saat ini eksistensi produk
alas kaki Bata mulai meredup seiring banyaknya produk pesaing. Mengingat
persaingan industri alas kaki saat ini yang menghadirkan tantangan dengan beragam
model dan merek yang tersedia sehingga mendorong perubahan perilaku
konsumen. Berdasarkan hal tersebut, untuk memenangkan persaingan dalam
industri alas kaki dibutuhkan brand loyalty. Suatu merek memerlukan rasa percaya,
pengalaman yang berkesan dan pemasaran melalui media sosial dalam membangun
loyalitas. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh social media marketing dan brand experience terhadap brand
loyalty melalui brand trust pada produk Bata.
Jumlah sampel yang diambil yaitu 100 responden dengan menggunakan
metode pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik incidental
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara
langsung. Tipe penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini
menggunakan software SmartPLS 4.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signiifkan pada social media marketing maupun brand experience terhadap brand
trust. Lalu, brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand
loyalty, namun social media marketing tehardap brand loyalty tidak signifikan.
Pada indirect effect, brand trust dapat memediasi secara full pengaruh social media
marketing terhadap brand loyalty, serta pada indirect effect brand trust dapat
memediasi secara parsial pengauh brand experience terhadap brand loyalty.
Saran dalam penelitian ini adalah Bata dapat meningkatkan Social Media
Marketing supaya dapat memikat pelanggan baru untuk menggunakan produk alas
kaki mereka dalam skala yang lebih besar lagi.
Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Experience, Brand Trust, Brand
Loyalty.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:14
Last Modified: 01 Jul 2024 07:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24565

Actions (login required)

View Item View Item