Search for collections on Undip Repository

Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tembalang

SUKMA, AJI (2024) Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Tembalang. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (187kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (196kB)

Abstract

E-KTP merupakan suatu unsur penting dalam administrasi kependudukan.
Alasannya adalah karena menyangkut masalah legitimasi seseorang dalam
eksistensinya sebagai penduduk dalam suatu wilayah Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang
Administrasi Kependudukan menyebutkan bahwa perubahan substansi yang
mendasar di bidang administrasi kependudukan, yaitu dengan tujuan untuk dapat
meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada
masyarakat, menjamin akurasi data kependudukan. Tetapi, dalam penyelenggaraan
pelayanan pembuatan E-KTP di Indonesia masih banyak kendala, seperti yang
tejadi di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang mengenai pelayanan pembuatan
E-KTP, masih banyak dijumpai berbagai keluhan oleh masyarakat
Peneliti menggunakan subjek penelitian sampling purposive. Dengan teknik
ini kita dapat menentukkan lebih dahulu informan yang benar-benar akan
digunakan untuk peneliti.
Hasil dari penelitian Sistem dari pelayanan E-KTP telah diterapkan
sesuai dengan input, proses dan output data pemohon yang wajib memiliki KTP
dan telah teregistrasi dalam sistem online pada database kepedudukan nasional.
Bentuk layanan dari pelayanan E-KTP ditunjukkan oleh pegawai dalam hal ini
kantor Kantor kecamatan Tembalang,Kota Semarang telah memberikan pelayanan
yang baik hal ini tercapai karena pegawai tanggap dalam melayani, bersikap ramah
sopan dalam bertutur kata, merespon kritikan dan saran dari masyarakat dengan
baik namun masih ada masyarakat yang mengatakan pegawai kurang tanggap.
Kesimpulan dari penelitian bahwa system dari pelayanan E-KTP telah
diterapkan sesuai dengan input, proses dan output data pemohon. Ketersediaan
informasi dari pelayanan E-KTP telah dijalankan dengan baik oleh Kantor
Kecamatan Tembalang. Serta telah merespon kritik dan saran dari masyarakat
dengan baik, namun masih ada masyarakat yang mengatakan pegawai kurang
tanggap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Jul 2024 06:49
Last Modified: 01 Jul 2024 06:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item View Item