Search for collections on Undip Repository

PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN HAND AND BODY LOTION VASELINE DI KOTA SEMARANG)

Lumbantoruan, Yesika Naomi (2024) PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN HAND AND BODY LOTION VASELINE DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

Penilaian berdasarkan tampilan fisik menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan pada saat ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang dinilai “Menarik” sering kali diperlakukan lebih baik di masyarakat daripada mereka yang dinilai “Kurang Menarik”. Oleh karena itu, banyak masyarakat membeli produk kecantikan untuk merawat diri, salah satunya adalah membeli hand and body lotion Vaseline. Vaseline menduduki peringkat 2 dalam data 5 body lotion berdasarkan market share. Selain itu, pada Top Brand Indeks, Vaseline mengalami fluktuasi terutama pada tahun 2020 di mana indeks hampir mencapai 10%, kalah dari brand lokal Citra yang memimpin indeks. Produk-produk yang berasal dari negara maju umumnya diterima oleh masyarakat karena memiliki citra yang positif akan negara maju tersebut. Selain itu, penggunaan word of mouth juga memengaruhi pembelian ulang. Akan tetapi, kepuasan konsumen turut serta menjadi jembatan dalam keputusan konsumen untuk membeli ulang.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kaitan antara keempat variabel, yaitu Country of Origin, Electronic Word of Mouth, Kepuasan Konsumen, dan Repurchase Intention. Sampel penelitian ini adalah 100 orang konsumen Vaseline yang pernah membeli hand and hand and body lotion Vaseline dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Data dikumpulkan melalui hasil kuesioner yang diberikan pada sampel. Data analisis menggunakan alat bantu statistik berupa perangkat lunak SmartPLS 4 dan dilakukan beberapa tahap analisis, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji pengaruh variabel, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Country of Origin dan E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Kepuasan Konsumen. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukan bahwa Country of Origin, E-WOM, dan Kepuasan Konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Repurchase Intention. Kepuasan Konsumen juga memediasi hubungan antara COO dan E-WOM terhadap Repurchase Intention.
Saran yang diberikan untuk Vaseline adalah Vaseline dapat mulai memperhatikan penyebaran survei kepuasan konsumen karena banyak konsumen merasa belum mendapatkan survei kepuasan konsumen. Selain itu Vaseline juga dapat memperbaiki sistem untuk menyampaikan keluhan dan mendapatkan saran dari konsumen. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggali lebih lanjut hubungan keempat variabel dengan subjek lain atau pun dengan sampel yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:28
Last Modified: 01 Jul 2024 03:28
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24530

Actions (login required)

View Item View Item