Search for collections on Undip Repository

Dark Jokes Dalam Tayangan Youtube Majelis Lucu Indonesia (Pemaknaan Khalayak Terhadap Dark Jokes Dalam Video Youtube Majelis Lucu Indonesia Berjudul “Morality Tretan Muslim & Coki Pardede | Battle Dark Jokes – Eps 01”)

Kuncoro, Dhimas Tri (2024) Dark Jokes Dalam Tayangan Youtube Majelis Lucu Indonesia (Pemaknaan Khalayak Terhadap Dark Jokes Dalam Video Youtube Majelis Lucu Indonesia Berjudul “Morality Tretan Muslim & Coki Pardede | Battle Dark Jokes – Eps 01”). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab I.pdf

Download (728kB)
[img] Text
3. Bab II.pdf - Submitted Version

Download (110kB)
[img] Text
4. Bab III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
5. Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
6. Bab V.pdf - Submitted Version

Download (115kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (119kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)

Abstract

Fenomena dark jokes sering kali menimbulkan kontroversi dalam masyarakat karena bertentangan dengan nilai moral dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana khalayak memaknai dark jokes dan bagaimana katerkaitannya dengan etika komuninkasi. Penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan mengacu pada teori Moralitas Sosial (Social Morality Theory) dan Teori Perbedaan Individu (Individual Differences Theory). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Peirce untuk menemukan makna dominan dari dark jokes dan analisis resepsi Hall untuk menentukan posisi pemaknaan dari khalayak, yaitu posisi dominan, negosiasi, atau oposisi. Hasil dalam penelitian ini menemukan terdapat variasi pemaknaan, yaitu informan 1 dan 5 berada dalam posisi dominan, sedangkan informan 2, 3, dan 4 berada dalam posisi oposisi. Berdasarkan hasil penelitian, status individu bukanlah penentu utama khalayak dalam memaknai dark jokes, melainkan faktor yang berpengaruh adalah pengalaman dan pengetahuan tiap individunya. Misalnya, informan 1 seorang adik penyandang disablitas terkesan lebih santai dalam memaknai dark jokes tersebut dan dapat memahami kritik di dalamnya dikarenakan dia sudah lama mengetahui dan memiliki pemahaman tentang dark jokes. Kaitannya dengan etika komunikasi, hasil penelitian menemukan bahwa semua informan sepakat bahwa konten dark jokes dalam video tersebut bertentangan dengan etika komunikasi, karena bersifat provokatif, dapat menyinggung, dan tidak menunjukkan adanya empati. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat variasi pemaknaan khalayak terhadap dark jokes dan kesepakatan khalayak terhadap kaitan dark jokes dengan etika komunikasi. Saran penelitian ini adalah penelitian selanjutnya bisa mengeksplorasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemaknaan khalayak, menggunakan pendekatan lintas budaya untuk memahami bagaimana pengaruh budaya, dan memahami dampak psikologis dari dark jokes kepada khalayak.
Kata kunci : dark jokes¸ etika komunikasi, pemaknaan khalayak, pengalaman dan pengetahuan, encoding-decoding Hall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 11:59
Last Modified: 28 Jun 2024 11:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24473

Actions (login required)

View Item View Item