Search for collections on Undip Repository

Hubungan Terpaan Berita Kebocoran Data Pengguna Biznet dan Persepsi Tentang Keamanan Data dengan Tingkat Kepercayaan Terhadap Biznet Sebagai Penyedia Layanan Internet

Saputri, Mita Dian (2024) Hubungan Terpaan Berita Kebocoran Data Pengguna Biznet dan Persepsi Tentang Keamanan Data dengan Tingkat Kepercayaan Terhadap Biznet Sebagai Penyedia Layanan Internet. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (661kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (292kB)
[img] Text
BAB 3 OK.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (258kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Berbagai pemberitaan mengenai kebocoran data dalam satu tahun terakhir menuai banyak perhatian publik. Salah satunya, pemberitaan mengenai kebocoran data terbaru yang menimpa Biznet. Ditengah perkembangan penyedia layanan internet tersebut, justru Biznet mengalami kebocoran data para penggunanya pada Maret 2024. Keamanan siber menjadi sorotan penting di Indonesia melihat banyaknya kasus yang terjadi. Berkaitan dengan hal tersebut, berdasarkan Laporan National Cyber Security Index (NCSI) mencatat, skor indeks keamanan siber Indonesia sebesar 38,96 poin dari 100 pada 2022. Angka ini menempatkan Indonesia berada di peringkat ke-3 terendah di antara negara-negara G20. Sejalan dengan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Indonesia kembali mendapatkan 279,84 juta serangan siber pada 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan terpaan berita kebocoran data Biznet dan persepsi tentang keamanan data dengan tingkat kepercayaan terhadap Biznet sebagai penyedia layanan internet.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Teknik pengambilan data menggunakan nonprobability purposive sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Teori yang digunakan Information Integration Theory dan Attribution Theory. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis uji statistik Kendall tau-b.
Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel terpaan berita kebocoran data Biznet sebesar 0,00 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,450, sehingga artinya terdapat hubungan antara terpaan berita kebocoran data Biznet (X1) dengan tingkat kepercayaan terhadap Biznet sebagai penyedia layanan internet (Y) dan korelasi nya dalam kategori sedang. Sedangkan hasil uji hipotesis untuk variabel persepsi tentang keamana data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,322 dan koefisien korelasi sebesar 0,126 yang berarti bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi keamanan data (X2) dengan tingkat kepercayaan terhadap Biznet sebagai penyedia layanan internet (Y) dan memiliki korelasi yang sangat rendah.
Kata Kunci : Terpaan Berita; Kebocoran Data; Persepsi Keamanan Data; Tingkat Kepercayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 11:50
Last Modified: 28 Jun 2024 11:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24472

Actions (login required)

View Item View Item