Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN BERITA BENCANA IKLIM DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PERUBAHAN IKLIM DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Sugiyarti, Risqi (2024) PENGARUH TERPAAN BERITA BENCANA IKLIM DI TELEVISI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI PERUBAHAN IKLIM DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (677kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (421kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (303kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

Laju perubahan iklim semakin cepat terjadi dan tidak terkendali. Hal tersebut menyebabkan intensitas bencana iklim meningkat. Menurut data BNPB, bencana hidrometeorologi menjadi bencana paling mendominasi di Indonesia tahun 2023, yaitu sebanyak 99% merupakan bencana hidrometeorologi. Manusia berperan besar dalam mengatasi laju perubahan iklim melalui adaptasi dan mitigasi. Tetapi pada kenyataannya, tingkat pengetahuan perubahan iklim dan sikap peduli masyarakat terhadap lingkungan masih rendah. Dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh terpaan berita bencana iklim di televisi terhadap tingkat pengetahuan mengenai perubahan iklim dan sikap peduli lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dengan kriteria berusia 28-55 tahun, pernah mengalami terpaan berita bencana iklim di televisi dan berdomisili di Kabupaten Magelang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cognitive Learning Theory.
Hasil uji signifikansi menggunakan uji analisis regresi linear sederhana pada pengaruh terpaan berita bencana iklim di televisi terhadap tingkat pengetahuan mengenai perubahan iklim menunjukkan angka signifikansi 0,554 dan pada pengaruh terpaan berita bencana iklim di televisi terhadap sikap peduli lingkungan menunjukkan angka signifikansi 0,141. Angka hasil signifikansi menunjukkan lebih besar dari 0,05 artinya variabel terpaan berita bencana iklim di televisi tidak berpengaruh pada tingkat pengetahuan mengenai perubahan iklim dan sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian ini memiliki temuan yang berbeda dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan adanya pengaruh terpaan media terhadap tingkat pengetahuan dan adanya pengaruh terpaan media terhadap sikap peduli lingkungan. Hasil temuan yang berbeda ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti media massa bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi, melainkan terdapat faktor-faktor lain yang menyertai. Secara teknis seperti perbedaan alat ukur dalam pengambilan data, pemilihan media, dan jumlah sampel juga dapat menjadi faktor yang membuat penelitian ini memiliki temuan yang berbeda.
Kata Kunci : Terpaan Berita, Bencana Iklim, Pengetahuan Perubahan Iklim , Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 11:33
Last Modified: 28 Jun 2024 11:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24471

Actions (login required)

View Item View Item