Search for collections on Undip Repository

Public Value Penggunaan Transportasi Umum KAI Commuter Line Jabodetabek di Stasiun Manggarai

Widiyanti, Anindita (2024) Public Value Penggunaan Transportasi Umum KAI Commuter Line Jabodetabek di Stasiun Manggarai. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (564kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (610kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DKI Jakarta merupakan salah satu kota dengan tingkat kemacetan tertinggi
di Indonesia. Penggunaan transportasi umum khususnya KRL dapat menjadi suatu
solusi pemecahan masalah kemacetan. Penggunaan transportasi umum KRL ini
masih ditemukan permasalahan, sehingga belum mampu mengatasi kemacetan di
DKI Jakarta. Permasalahan yang ada membuat minat masyarakat dalam
menggunakan transportasi umum khususnya KRL menjadi belum optimal karena
banyaknya keluhan yang dirasakan para pengguna khususnya yang terjadi di
Stasiun Manggarai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilainilai publik (public values) pada penggunaan transportasi umum khususnya KRL
di Stasiun Manggarai. Dengan mengetahui nilai publik diharapkan dapat membantu
menjawab permasalahan yang ada pada penggunaan transportasi umum KRL
Jabodetabek khususnya di Stasiun Manggarai. Metode yang digunakan dengan
pendekatan kualitatif, menggunakan teori Moore (1995) tentang nilai publik (public
value). Berdasarkan hasil yang diperoleh, pada dimensi legitimasi sudah cukup baik
namun perlu adanya aturan secara khusus mengenai batas maksimal pengguna di
KRL. Pada dimensi kemampuan operasional, mayoritas sudah cukup baik, namun
perlu adanya perbaikan pada aspek jaminan dan daya tanggap. Dimensi nilai
substansial (manfaat) juga sudah dirasakan oleh para pengguna yang merasakan
manfaat dari adanya transportasi KRL.
Kata Kunci: Public Value (Nilai Publik), Transportasi Umum, KRL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:42
Last Modified: 28 Jun 2024 04:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item