Search for collections on Undip Repository

PENGARUH SELF CONGRUITY DAN FUNCTIONAL CONGRUITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MITSU CAFE SEMARANG

Rahmawati, Naufalia Dafa (2024) PENGARUH SELF CONGRUITY DAN FUNCTIONAL CONGRUITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION MELALUI GENDER SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MITSU CAFE SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (680kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (249kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)

Abstract

Perubahan gaya hidup mempengaruhi perkembangan produk kuliner, hal ini dapat dilihat bahwa produk kuliner kini tidak hanya menjadi sebuah kebutuhan pokok saja, namun telah menjadi bisnis, trend, gaya hidup hingga kreativitas dan inovasi dalam mengolah dan menyajikannya. Mitsu Café merupakan salah satu café yang ada di Tembalang, Kota Semarang, yang memiliki konsep negara Jepang yang berbeda dan unik. Perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhannya dapat diketahui dengan keputusan pembelian ulang oleh konsumen tersebut. Keputusan pembelian ulang oleh konsumen Mitsu Cafe dapat diprediksi oleh self congruity dan functional congruity, karena faktor-faktor ini berfokus pada dua manfaat utama yang ditawarkan produk atau merek kepada konsumen, yaitu manfaat fungsional dan simbolik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self congruity dan functional congruity terhadap repurchase intention melalui gender sebagai variabel moderasi pada Mitsu Café Semarang. Populasi yang digunakan merupakan konsumen Mitsu Café dengan sampel berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan SmartPLS 4.0 dimana dilakukan uji validitas, uji reliabitilas, R-Square, dan analisis jalur.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa self congruity memberikan pengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention, functional congruity memberikan pengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention, self congruity melalui gender memberikan pengaruh yang tidak signifikan pada repurchase intention, dan functional congruity melalui gender memberikan pengaruh positif dan signifikan pada repurchase intention. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh self congruity melalui gender terhadap repurchase intention, dimana pengaruh self congruity terhadap repurchase intention tidak memiliki perbedaan antara feminism dan maskulin. Dapat diketahui bahwa perilaku konsumen melalui gender pada Mitsu Cafe melakukan niat pembelian ulang lebih berdasarkan pada kecocokan fungsi produk dibandingkan dengan kecocokan antara konsep Mitsu Café dengan konsumen.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Mitsu Café disarankan untuk terus membentuk citra yang konsisten dengan citra diri konsumen, memberikan konsep yang lebih fresh dan seusai dengan keinginan konsumen sehingga dapat lebih menarik perhatian konsumen, meningkatkan kualitas secara konsisten, selalu menerima kritik dan saran, serta membuat acara event yang menarik sehingga dapat meningkatkan pembelian ulang produk oleh konsumen.
Kata Kunci: Self Congruity, Functional Congruity, Repurchase Intention, Gender

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 28 Jun 2024 02:56
Last Modified: 28 Jun 2024 02:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24326

Actions (login required)

View Item View Item