Search for collections on Undip Repository

Penggunaan Message Appeals pada Akun Instagram @prabowo (Analisis Isi Kuantitatif Deskriptif Message Appeals dalam Masa Kampanye 10 Januari 2024 - 10 Februari 2024)

Anjani, Erlin Lutvia (2024) Penggunaan Message Appeals pada Akun Instagram @prabowo (Analisis Isi Kuantitatif Deskriptif Message Appeals dalam Masa Kampanye 10 Januari 2024 - 10 Februari 2024). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi informasi, politikus mulai mengkampanyekan
dirinya melalui media sosial, salah satunya Instagram. Pasangan Prabowo - Gibran
dalam Pemilu 2024 turut meramaikan masa kampanye melalui akun Instagram.
Hasil Pemilu menunjukkan pasangan Pabowo - Gibran sebagai pasangan dengan
perolehan suara terbanyak. Dalam melakukan kampanye, para politikus
menggunakan message appeals atau daya tarik pesan. Maka dari itu, penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan message appeals atau daya tarik
pesan pada akun Instagram @prabowo selama masa kampanye 10 Januari – 10
Februari 2024.
Penelitian ini mengkategorisasikan unggahan berdasarkan objek unggahan dan
jenis message appeals yang digunakan. Analisis dilihat dari foto atau video dan
caption atau keterangan yang ada dalam unggahan. Uji reliabilitas pada penelitian
ini menggunakan Rumus Holsti. Alat ukur dianggap reliabel jika menunjukkan
angka 0,7 atau 70 % atau lebih. Hasil pengukuran pada penelitian ini menunjukkan
angka di atas 0,7 sehingga dikatakan reliabel. Setelah uji rumus Holsti, data
dianalisis dan dideskripsikan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah
dokumentasi unggahan akun Instagram @prabowo selama 10 Januari - 10 Februari
2024.
Peneliti membuat dua kategori untuk menganalisis penggunaan message appeals
pada akun Instagram @prabowo, yaitu melalui objek unggahan dan penggunaan
keterangan atau caption. Dalam objek unggahan, peneliti membuat sub kategori
personal life dan sosial life. Personal life terbagi atas pribadi dan keluarga.
Sementara itu, sosial life terbagi atas masyarakat, partai politik, dan public figure.
Pada kategori message appeals, terdapat dua kategori yang digunakan untuk
menganalisis unggahan yaitu informational appeals dan emotional appeals.
Informational appeals terbagi atas informasi dan edukasi. Emotional appeals terbagi
atas kebahagiaan, kesediha, humor, romantisme, kepedulian, dan ketakutan.
Dilihat dari segi objek unggahan dalam masa kampanye 10 Januari – 10 Februari
2024, akun tersebut didominasi oleh informational appeals sub kategori informasi
sebanyak 98% dan edukasi sebesar 1,4%. Pada kategori emotional appeals, tema
yang mendominasi adalah kebahagiaan sebesar 78%, disusul romantisme 10,3%,
dan humor 6,6%. Pada objek unggahan, akun Instagram @prabowo tidak
memunculkan tema kesedihan dan ketakutan.
ix
Dari penulisan keterangan atau caption, ditemui informational appeals sebanyak
56% dan emotional appeals sebanyak 44%. Kategori informational appeals
didominasi oleh informasi 78% kemudian edukasi 21,9%. Sementara itu, kategori
emotional appeals didominasi oleh kebahagiaan 77,7%, disusul kepedulian 18,5%,
dan humor 3,7%.
Kata Kunci: Message Appeals, Kampanye Politik, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Users 162 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2024 01:36
Last Modified: 28 Jun 2024 01:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24317

Actions (login required)

View Item View Item