Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR PERMASALAHAN PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH OLEH PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG

Wibisono, Khadis Satria (2024) ANALISIS FAKTOR PERMASALAHAN PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH OLEH PERUMDA AIR MINUM BANYUMILI KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (382kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (343kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (241kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perumda Air Minum Banyumili merupakan badan usaha milik daerah Kabupaten
Rembang yang menyelenggarakan pelayanan publik dalam hal penyediaan air
bersih yang di atur oleh Perda Kabupaten Rembang No.16 Tahun 2019 tentang
Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor permasalahan pelayanan serta
upaya Perumda Air Minum Banyumili untuk mengatasi permasalahan pelayanan.
Teori yang digunakan yaitu Teori Good Governance dari UNDP (United Nations
Development Programme) dengan menggunakan lima indikator mencakup
akuntabilitas, transparansi, daya tanggap, aturan hukum, serta efektivitas dan
efisiensi. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama dari permasalahan pelayanan air
bersih adalah sumber air baku. Dari lima indikator empat di antaranya yaitu
transparansi, daya tanggap, aturan hukum, serta efektivitas dan efisiensi
menunjukkan permasalahan pelayanan. Sedangkan akuntabilitas menunjukkan
pertanggung jawaban pelayanan yang baik meliputi pengawasan, pelaporan, serta
evaluasi. Upaya yang dilakukan Perumda Air Minum Banyumili dalam mengatasi
permasalahan belum dapat menyelesaikan permasalahan pelayanan yang ada.
Penelitian ini akan memberikan informasi serta pemahaman terkait dengan faktor
permasalahan pelayanan air bersih serta upaya yang dilakukan Perumda Air Minum
Banyumili selaku penyedia layanan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi
rekomendasi serta evaluasi dalam upaya perbaikan serta peningkatan layanan
penyediaan air bersih di Kabupaten Rembang dengan penerapan good governance.
Kata kunci: Air, Pelayanan Publik, Good Governance, Kabupaten Rembang,
Perumda Air Minum Banyumili, Faktor Permasalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:01
Last Modified: 26 Jun 2024 07:01
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item View Item