Search for collections on Undip Repository

PENGARUH DESTINATION ATTRIBUTE MELALUI MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE TERHADAP REVISIT INTENTION (STUDI PADA PENGUNJUNG TAMAN MINI INDONESIA INDAH)

AGUNG, REYHAN ADIMAS (2024) PENGARUH DESTINATION ATTRIBUTE MELALUI MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE TERHADAP REVISIT INTENTION (STUDI PADA PENGUNJUNG TAMAN MINI INDONESIA INDAH). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)

Abstract

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu destinasi wisata yang
menyajikan keanekaragaman budaya, adat istiadat, dan arsitektur yang dimiliki oleh
Indonesia. Belakangan ini muncul fenomena pengalaman berkunjung yang kurang
mengesankan dan menyenangkan (MTE) yang dirasakan wisatawan TMII yang
mengakibatkan rendahnya minat berkunjung kembali mereka. Fenomena tersebut
dapat mempengaruhi keberlanjutan TMII ditengah industri wisata yang kompetitif,
terlebih pengelola TMII baru saja meningkatkan kualitas atribut destinasi yang
dimilikinya dengan melakukan revitalisasi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kaitan antara ketiga
variabel, yaitu destination attributes, memorable tourism experience, dan revisit
intention pada TMII. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang wisatawan TMII
yang berkunjung dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Data dikumpulkan melalui
hasil kuesioner yang diberikan pada sampel. Data dianalisis menggunakan alat
bantu statistik berupa perangkat lunak Smart PLS 4 dan dilakukan beberapa tahap
analisis, diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji pengaruh variabel, dan uji
signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa destination attributes
berpengaruh tidak signifikan terhadap revisit intention, destination attributes
berpengaruh signifikan terhadap memorable tourism experience, memorable
tourism experience berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, dan
memorable tourism experience berpengaruh signifikan dalam memediasi hubungan
antara destination attribute dan revisit intention.
Saran yang diberikan untuk TMII adalah pengelola dapat meningkatkan
minat berkunjung kembali para wisatawan dengan melakukan optimasi terhadap
kualitas destination attributes yang dimiliki dan memastikan bahwa optimasi
tersebut memberikan pengalaman berkunjung yang menyenangkan dan
mengesankan bagi wisatawan. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggali
hubungan lebih lanjut ketiga variabel dengan subjek lain ataupun dengan sampel
yang lebih luas.
Kata Kunci: Destination Attribute, Memorable Tourism Experience, Revisit
Intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:50
Last Modified: 26 Jun 2024 06:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24113

Actions (login required)

View Item View Item