Search for collections on Undip Repository

Hubungan Kepercayaan Diri Dan Keterbukaan Diri Dengan Kompetensi Komunikasi Siswa Di SMPN 12 Purworejo

Hidayanti, Syafira Afidati (2024) Hubungan Kepercayaan Diri Dan Keterbukaan Diri Dengan Kompetensi Komunikasi Siswa Di SMPN 12 Purworejo. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (228kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (457kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kompetensi komunikasi siswa di SMPN 12 Purworejo. Didapatkan informasi bahwa masih terdapat sebagian besar siswa yang kompetensi komunikasinya masih kurang maksimal. Sebagian besar siswa masih kesulitan dalam berkomunikasi dengan individu lain yang ditunjukkan dengan kesulitan dalam menyampaikan pendapat, kurang aktif dalam sesi diskusi, serta kesulitan untuk menjawab pertanyaan. Hal ini menyebabkan jalannya proses belajar mengajar di sekolah menjadi kurang efektif. Ada pun prestasi belajar akademik yang diperoleh sebagian siswa juga ditemukan masih kurang maksimal yang turut menunjukkan bahwa performa siswa di sekolah masih kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa kuat hubungan kepercayaan diri dan keterbukaan diri dengan kompetensi komunikasi siswa di SMPN 12 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksplanatori dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada 100 responden dengan karakteristik remaja rentang usia 12-15 tahun, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, serta bersekolah di SMPN 12 Purworejo. Ada pun teori yang digunakan ialah argumentativeness dalam Super Traits Theory yang menjelaskan bahwa individu yang memiliki kecakapan berargumentasi merupakan individu yang kompeten dalam berargumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki kaitan dengan kompetensi komunikasi. Begitu pun dengan keterbukaan diri yang juga memiliki kaitan dengan kompetensi komunikasi. Tiap individu memiliki kepercayaan diri dan keterbukaan diri yang sejalan dengan kompetensi komunikasinya. Semakin baik kepercayaan diri dan keterbukaan diri individu, semakin baik juga kompetensi komunikasi yang dimilikinya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa individu yang ingin meningkatkan kompetensi komunikasinya dapat dengan meningkatkan kepercayaan diri dan keterbukaan diri. Sehingga untuk mengatasi masalah kompetensi komunikasi siswa yang masih rendah di SMPN 12 Purworejo, tenaga pendidik di SMPN 12 Purworejo dapat memperhatikan kepercayaan diri dan keterbukaan diri siswa. Tenaga pendidik dapat berperan untuk membantu melalui penerapan metode pembelajaran yang interaktif, serta memberikan konseling mau pun pelatihan komunikasi.
Kata Kunci : kepercayaan diri, keterbukaan diri, kompetensi komunikasi siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:08
Last Modified: 26 Jun 2024 06:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24096

Actions (login required)

View Item View Item