Search for collections on Undip Repository

PERBANDINGAN MODEL IMPEACHMENT PRESIDEN DAN/ATAU WAKIL PRESIDEN ANTARA INDONESIA DENGAN KOLOMBIA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN. _49 HTN 024

AZIS, MUHAMMAD NAUVAL MAHRAN and Herawati, Ratna and Wardhani, Lita Tyesta Addy Listya (2024) PERBANDINGAN MODEL IMPEACHMENT PRESIDEN DAN/ATAU WAKIL PRESIDEN ANTARA INDONESIA DENGAN KOLOMBIA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN. _49 HTN 024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-cover.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
Muhammad Nauval Mahran Azis-dapus.pdf

Download (198kB)

Abstract

Sistem pemerintahan presidensial memberikan implikasi pemisahan kekuasaan secara tegas sehingga kedudukan antar lembaga-lembaga tinggi negara adalah setara, termasuk bagi seorang Presiden dan/atau Wakil Presiden. Impeachment Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagai pranata pengawasan yang dimiliki legislatif, merupakan bagian dari upaya memperkuat konsistensi dalam sistem pemerintahan presidensial. Penelitian ini membahas mengenai perbandingan model pengaturan impeachment antara Indonesia dengan Kolombia. Penentuan Kolombia sebagai negara pembanding untuk Indonesia dalam penelitian ini, karena keduanya memiliki kemiripan secara kerangka ketatanegaraan.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan menggunakan beberapa aspek pendekatan lainnya yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan sejarah, dan pendekatan perbandingan. Spesifikasi penelitian yang digunakan berupa deskriptif analitis dengan menggunakan data sekunder, meliputi bahan hukum primer dan sekunder sebagai sumber data utama. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbandingan yang cukup tajam dalam hal pengaturan dan mekanisme impeachment Presiden dan/atau Wakil Presiden yang dimiliki oleh Indonesia dan Kolombia. Impeachment di kedua negara tersebut memiliki beberapa persamaan ataupun perbedaan yang meliputi: 1). objek impeachment; 2). alasan-alasan impeachment; 3). lembaga yang terlibat dalam impeachment; 4) mekanisme proses impeachment dan; 5). Mekanisme proses tindak lanjut impeachment. Dibandingkan dengan Kolombia, impeachment di Indonesia masih terdapat kecenderungan dan dominasi politik sehingga dinilai tidak
sejalan sesuai dengan prinsip negara hukum dan checks and balances. Hal tersebut dapat menjadi dorongan agar pengaturan impeachment di Indonesia dapat dikaji ulang dan dilakukan perbaikan atau perubahan lebih lanjut.
Kata Kunci: Impeachment, Indonesia, Kolombia, Perbandingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Impeachment, Indonesia, Kolombia, Perbandingan
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:53
Last Modified: 08 Jul 2024 04:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item View Item