Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN UANG SAKU, ALOKASI DANA MAKAN DAN TEMPAT TINGGAL DENGAN SKOR DIETARY INFLAMMATORY INDEX PADA REMAJA AKHIR

Azzahra Mahardhika, Ainun and Ratna Noer, Etika and Fithra Dieny, Fillah HUBUNGAN UANG SAKU, ALOKASI DANA MAKAN DAN TEMPAT TINGGAL DENGAN SKOR DIETARY INFLAMMATORY INDEX PADA REMAJA AKHIR. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Ainun Azzahra Mahardhika.pdf

Download (174kB)

Abstract

Latar Belakang : Remaja akhir merupakan bagian dari fase remaja yang memiliki risiko masalah gizi akibat gaya hidup dan kebiasaan makan seperti obesitas. Salah satu kelompok remaja akhir adalah mahasiswa dengan latar belakang ekonomi beragam, adanya fenomena merantau untuk pertama kalinya yang dapat mempengaruhi pola makan hingga profil diet, salah satunya DII yang menghitung potensi inflamasi pada asupan individu.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan uang saku, alokasi dana makan dan tempat tinggal dengan skor DII remaja akhir.
Metode : Subjek merupakan 83 mahasiswa berusia 17-20 tahun yang dipilih menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Data uang saku, alokasi dana makan dan tempat tinggal didapatkan menggunakan kuesioner data diri sementara data asupan makan sebulan terakhir didapatkan menggunakan SQ-FFQ yang kemudian digunakan untuk mendapatkan skor DII. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square,dan regresi logistik.
Hasil : Total 83 subjek dengan 37 orang memiliki uang saku di T1, 34 orang mengalokasikan dana makan 20-50% (T1) per bulannya dan 67,5% (56) tinggal di non-rumah. Analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara tempat tinggal (p=0,035) dan usia (p=0,021) dengan skor DII, sementara pada analisis multivariat menunjukkan adanya hubungan signifikan antara uang saku (OR 0,380 CI 95% 0,145-0,999 p=0,050), dan usia (OR 2,875 95% CI 1,011-8,176 p=0,048 dengan skor DII pada remaja akhir.
Simpulan : Terdapat hubungan signifikan antara uang saku dan usia dengan skor DII pada remaja akhir.
Kata Kunci : indeks inflamasi diet, uang saku, alokasi dana makan, tempat tinggal

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:54
Last Modified: 25 Jun 2024 08:54
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item View Item