Search for collections on Undip Repository

PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENDIDIK KARAKTER ANAK DI ERA GLOBAL ( STUDI FENOMENOLOGI PADA ORANG TUA GENERASI MILENIAL DI KOTA PEKALONGAN )

Syarif, Muhamad Arham (2024) PENGALAMAN KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM MENDIDIK KARAKTER ANAK DI ERA GLOBAL ( STUDI FENOMENOLOGI PADA ORANG TUA GENERASI MILENIAL DI KOTA PEKALONGAN ). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan moral anak merupakan hal yang sangat penting di era gempuran teknologi, berbeda dengan pendidikan karakter yang sifatnya lebih beragam tergantung pada sifat lingkungan. Dampak globalisasi menjadi sangat beragam terutama pada pola komunikasi antar generasi yaitu generasi milenial dan generasi Alpha. Dampak yang paling dirasakan adalah kedua generasi ini seringkali memilih cara berkomunikasi secara tidak langsung yaitu dengan menggunakan gadget yang kemudian menjadikan hubungan antar keduanya sebagai anak dan orang tua terkesan jauh. Hadirnya gadget sebagai alat komunikasi juga menjadikan kedua generasi ini memiliki pengalaman berkomunikasi yang berbeda dengan generasi-generasi lainnya,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi orang tua dalam mendidik karakter anak di era global yang berfokus pada orang tua generasi milenial di Kota Pekalongan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua karakter yang dapat terimplementasikan melalui komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak. Kedua karakter tersebut adalah karakter religius dan karakter jujur. Komunikasi secara intens dan terbuka dilakukan orang tua untuk menerapkan karakter religius dan karakter jujur. Komunikasi yang dilakukan diwujudkan dalam berkomunikasi secara langsung dan secara tidak langsung dengan menggunakan Gadget. Tugas orang tua dalam menerapkan pendidikan karakter adalah berusaha membangun komunikasi yang baik dengan anak agar nasehat-nasehat yang disampaikan dapat diterima dan diterapkan oleh anak-anaknya. Proses memberi nasehat dilakukan melalui komunikasi secara langsung maupun komunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan handphone untuk memudahkan berkomunikasi kapanpun, dan dimanapun. Proses pemberian nasehat melalui komunikasi juga dilaksanakan dengan metode khusus bagi salah satu iforman. Metode yang digunakan yaitu dengan cara berkomunikasi yang cenderung penuh canda tawa, tidak tegang dan disesuaikan dengan kondisi keluarga saat itu sehingga pesan atau nasehat yang disampaikan melalui proses komunikasi tersebut dapat dicerna dengan maskimal, dan tanpa paksaan. Proses komunikasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter juga dilakukan dengan memberi nasehat terus menerus ketika sedang berkomunikasi dengan anak. Orang tua juga memberikan contoh langsung kepada anak untuk mendukung nasehat yang sudah disampaikan mengenai menjalankan ibadah, dan berkata jujur yang dapat dijadikan anak sebagai pembiasaaan agar terus bersikap yang positif.

Kata Kunci: Proses Komunikasi, Pendidikan Karakter, Generasi Milenial, Generasi Alpha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:34
Last Modified: 25 Jun 2024 07:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item