Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI

Rini, Fitri Dyah Bayu and Dewantiningrum, Julian and Nugraheni, Arwinda and Pramono, M. Besari Adi (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Fitri Dyah Bayu Rini_22010118130090)
22010118130090_Fitri Dyah Bayu Rini_Abstrak.pdf

Download (86kB)

Abstract

Latar Belakang : Menteri Kesehatan merilis Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan stiker pada tahun 2007 yang diharapkan menjadi sebuah gagasan baru dalam percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir melalui kegiatan peningkatan akses dan pelayanan. Melalui P4K diharapkan terdatanya ibu hamil dan terpasangnya stiker P4K di rumah ibu hamil agar seluruh data ibu hamil dapat diketahui.
Tujuan : Mengetahui faktor – faktor yang berhubungan dengan pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil dalam program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.
Metode : Penelitian observasional dengan desain studi cross- sectional dengan sampel yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara tertutup di RSUP Dr. Kariadi dan Puskesmas Bangetayu pada periode Mei – Juni 2024. Data diolah secara statistik dengan SPSS (Statistical Product and Service Solution) menggunakan uji korelasi, uji mann whitney dan uji kruskal wallis untuk mengetahui perbedaan antar variabel dengan hasil signifikan apabila nilai p <0,05.
Hasil :Mayoritas ibu hamil yang berpartisipasi memiliki karakteristik sosial ekonomi seperti usia reproduksi yang sehat (83,1%), jenjang pendidikan terakhir S1 (43,6%), dan berpenghasilan rendah (71,8). Secara Klinis, mayoritas responden multigravida dan memiliki riwayat ANC yang memadai (77,1%). Tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang signifikan dengan pengetahuan ibu hamil terhadap P4K (p = 0,021), sementara tidak ada pengaruh signifikan terhadap pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil terhadap P4K pada kelompok usia, penghasilan, gravida dan riwayat antenatal care (p > 0,05).
Kesimpulan : Terdapat pengaruh pada tingkat pendidikan terhadap pengetahuan ibu hamil mengenai P4K dan tidak terdapat pengaruh pada usia, penghasilan, gravida maupun riwayat antenatal care terhadap pengetahuan dan kepatuhan ibu hamil mengenai P4K
Kata Kunci : Ilmu pengetahuan, ibu hamil, P4K,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ilmu pengetahuan, ibu hamil, P4K
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:14
Last Modified: 26 Jun 2024 05:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23948

Actions (login required)

View Item View Item