Search for collections on Undip Repository

Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan yang Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan

Puspitasari, Mukti Dwi (2024) Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan yang Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Hal. Depan.pdf

Download (698kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Daftar Pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar mendorong seseorang melakukan kegiatan belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Elemen-elemen seperti tujuan intrinsik, tujuan ekstrinsik, nilai tugas, kontrol kepercayaan belajar, efikasi diri, dan kecemasan menciptakan motivasi belajar yang baik. Mahasiswa dengan motivasi belajar yang tinggi memungkinkan untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Namun, rendahnya motivasi belajar mahasiswa menimbulkan kebiasaan sering menunda mengerjakan tugas, belajar saat mendekati ujian sekaligus kurangnya ketertarikan membaca referensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik total sampling dan melibatkan 108 mahasiswa sarjana keperawatan yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Data diambil menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang telah diuji validitas menggunakan Pearson Product Moment dengan rentang nilai setiap unit > 0,142 dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha dengan hasil 0,89. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas mahasiswa sarjana keperawatan yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan memiliki motivasi belajar tinggi tetapi masih terdapat sebanyak 30,6% mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Menciptakan strategi pembelajaran yang sesuai dan lingkungan belajar suportif menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: motivasi belajar; mahasiswa sarjana keperawatan; organisasi kemahasiswaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Keperawatan Undip
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:57
Last Modified: 24 Jun 2024 06:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item