Puspitasari, Mukti Dwi (2024) Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa Sarjana Keperawatan yang Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Hal. Depan.pdf Download (698kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Daftar Pustaka.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
22020120120024-Mukti Dwi Puspitasari-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar mendorong seseorang melakukan kegiatan belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Elemen-elemen seperti tujuan intrinsik, tujuan ekstrinsik, nilai tugas, kontrol kepercayaan belajar, efikasi diri, dan kecemasan menciptakan motivasi belajar yang baik. Mahasiswa dengan motivasi belajar yang tinggi memungkinkan untuk memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Namun, rendahnya motivasi belajar mahasiswa menimbulkan kebiasaan sering menunda mengerjakan tugas, belajar saat mendekati ujian sekaligus kurangnya ketertarikan membaca referensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi belajar mahasiswa sarjana keperawatan yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan teknik total sampling dan melibatkan 108 mahasiswa sarjana keperawatan yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan. Data diambil menggunakan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang telah diuji validitas menggunakan Pearson Product Moment dengan rentang nilai setiap unit > 0,142 dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s alpha dengan hasil 0,89. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas mahasiswa sarjana keperawatan yang terlibat dalam organisasi kemahasiswaan memiliki motivasi belajar tinggi tetapi masih terdapat sebanyak 30,6% mahasiswa yang memiliki motivasi belajar sedang. Menciptakan strategi pembelajaran yang sesuai dan lingkungan belajar suportif menjadi solusi untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: motivasi belajar; mahasiswa sarjana keperawatan; organisasi kemahasiswaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | Keperawatan Undip |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 06:57 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 06:57 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |