Al Roshid, Fhatwa Hilal (2024) PENGARUH TERPAAN INFORMASI PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BRT TRANS SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
Cover.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (639kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (704kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
Abstract
Penelitian ini meneliti pengaruh antara terpaan informasi produk dan
promosi penjualan terhadap minat menggunakan BRT Trans Semarang. Meskipun
BLU UPTD Trans Semarang terus menyebarkan informasi produk dan promosi
penjualan melalui berbagai media untuk menggaet penggunanya, BRT Trans
Semarang belum mampu mencapai target penumpang bulanan yang telah
dicanangkan. Penelitian ini bertujuan guna memahami pengaruh terpaan informasi
produk dan promosi penjualan terhadap minat menggunakan BRT Trans
Semarang serta menggunakan Information Integration Theory dan Cognitive
Response Approach Theory. Teknik pengambilan sampel berupa non-probability
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang merupakan
masyarakat berdomisili di Kota Semarang dan mengetahui informasi produk BRT
Trans Semarang, serta pernah melihat promosi penjualan BRT Trans Semarang.
Melalui teknik analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis pertama dan
hipotesis kedua penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara terpaan
informasi produk terhadap minat menggunakan BRT Trans Semarang yang
dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 yang mana lebih kecil dari 0,05
dan nilai koefisien sebesar 0,424 sehingga hipotesis pertama diterima. Artinya
semakin tinggi terpaan informasi produk maka semakin tinggi pula minat
konsumen untuk menggunakan BRT Trans Semarang. Kemudian uji hipotesis
kedua menunjukkan adanya adanya pengaruh antara terpaan informasi penjualan
terhadap minat menggunakan BRT Trans Semarang yang dibuktikan dengan nilai
signifikansi sebesar <0.001 yang mana lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien
sebesar 0,590 sehingga hipotesis pertama diterima. Artinya semakin tinggi terpaan
promosi penjualan maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk
menggunakan BRT Trans Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 24 Jun 2024 03:30 |
Last Modified: | 24 Jun 2024 03:30 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |