Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI KELURAHAN CICAHEUM KOTA BANDUNG

FAZA, VIRGI and Pramono, Dodik and Nugroho, Teddy Wahyu (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI KELURAHAN CICAHEUM KOTA BANDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK KTI VIRGI FAZA)
ABSTRAK KTI VIRGI FAZA.pdf

Download (39kB)

Abstract

Latar belakang: Program PHBS rumah tangga bertujuan untuk mendorong tiap individu agar ikut berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarkat guna mewujudkan lingkungan keluarga yang sehat. Peran Ibu Rumah Tangga memiliki andil yang penting dalam membantu keluarga dalam menerapkan PHBS. Tujuan: Untuk mengetahui dan menganalisa hubungan tingkat pengetahuan ibu rumah tangga terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Kelurahan Cicaheum Kota Bandung. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Dilakukan pada bulan April 2024 di Kelurahan Cicaheum, Kota Bandung dengan sampel penelitian ibu rumah tangga dengan rentang usia 19-64 tahun yang memiliki balita. Uji yang digunakan untuk menganalisa data adalah uji chi square. Hasil: Berdasarkan hasil uji bivariat Chi-square menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu rumah tangga dengan penerapan PHBS rumah tangga, dibuktikan dengan nilai signifikasi p<0,05. Nilai Odd Ratio (OR) sebesar 9,4 (POR=9,4 ; CI=2,926-30,200) mengindikasikan bahwa kelompok ibu rumah tangga yang memiliki pengetahuan yang baik tentang PHBS akan memiliki kemungkinan 9,4 kali lebih tinggi untuk memengaruhi penerapan PHBS di rumah tangga dibandingkan dengan yang tidak mengetahui. Kesimpulan: Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan Penerapan PHBS pada ibu rumah tangga di Kelurahan Cicaheum, Kota Bandung tahun 2024.
Kata Kunci: PHBS, pengetahuan, Ibu Rumah Tangga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PHBS, pengetahuan, Ibu Rumah Tangga
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:42
Last Modified: 25 Jun 2024 04:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23840

Actions (login required)

View Item View Item