Haneda, Seivi and Christiani, Lydia (2024) Proses Knowledge Management pada Bimbingan Teknis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
Cover.pdf - Accepted Version Download (499kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (113kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Accepted Version Download (289kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version Download (65kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (35kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses knowledge management pada bimbingan teknis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara sebagai upaya pencerdasan dan pembekalan bagi pengelola perpustakaan yang menjadi peserta bimbingan teknis. Upaya tersebut dilakukan untuk menciptakan perpustakaan sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penyelenggaraan perpustakaan yang sesuai dengan standar perpustakaan yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi proses knowledge management pada bimbingan teknis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara semi tersruktur, observasi non-partisipatif, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu thematic analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses knowledge management pada bimbingan teknis di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara meliputi perencanaan, tujuan, dan inovasi pengembangan bimbingan teknis menjadi tahapan knowledge creation. Kompetensi mentor dan evaluasi bimbingan teknis menjadi tahapan knowledge validation. Media pelaksanaan bimbingan teknis menjadi tahapan knowledge presentation. Penyebaran informasi bimbingan teknis menjadi tahapan knowledge distribution. Adapun penerapan pengetahuan bimbingan teknis, peningkatan kemampuan layanan, dan feedback bimbingan teknis menjadi tahapan knowledge application. Hal ini menunjukkan bahwa Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara memiliki peranan penting untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola perpustakaan di tingkat kecamatan, desa, dan sekolah. Meskipun demikian, berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan juga hal-hal yang masih perlu dimaksimalkan pada proses bimbingan teknis yang berlandaskan prinsip knowledge management, yaitu pada kegiatan monitoring dan visitasi pada perpustakaan di wilayah Kabupaten Jepara pasca pelaksanaan pada kegiatan bimbingan teknis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Silahkan menghubungi Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya jika membutuhkan file ini. |
Uncontrolled Keywords: | bimbingan teknis; Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Jepara; knowledge management |
Subjects: | Humanities |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Library Science |
Depositing User: | Ilmu Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 07:26 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 07:26 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23804 |
Actions (login required)
View Item |