Search for collections on Undip Repository

Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah Daerah ( Studi Kasus : SAKIP Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang Tahun 2023 )

Sitowin, Prasetyo (2024) Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Intansi Pemerintah Daerah ( Studi Kasus : SAKIP Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang Tahun 2023 ). Masters thesis, Master Program In Political Science.

[img] Text
COVER 0.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Published Version

Download (311kB)

Abstract

Secara garis besar, tulisan ini memadukan antara akuntabilitas vertikal dengan konsep NPM (New Publik Management) yang dikembangkan melalui sistem pengukuran kinerja yaitu pada indikator penggunaan operasional (operational use), penggunaan insentif (incentive use), dan penggunaan eksploratoris (explanatory use).
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus yang dapat berupa kata-kata, gambar, kutipan-kutipan hasil wawancara dan dokumen resmi yang mendukung penelitian ini. Dimana informasi dan data didapatkan dengan teknik berupa wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Sedangkan teknik pemilihan informan menggunakan snowball sampling yaitu apabila dari informan utama belum memberikan data secara lengkap maka data akan dilengkapi dengan bertemu pada pihak selanjutnya sesuai dengan arahan informan utama.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penggunaan operasional Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang belum secara maksimal memenuhi unsur perencanaan operasional organisasi, hal ini ditandai dengan tidak matang dan terukurnya penentuan target kinerja dimana target sudah tercapai di tahun pertama perencanaan akan tetapi tidak dilakukan peruabahan untuk target tahun berikutnya. Disisi lain perumusan strategi dan komunikasi tujuan Inspektorat Daerah Kabupaten Rembang cukup efektif didasari pada metode pemimpin dalam mengkondisikan dan menyampaikan arahan terhadap bawahan yaitu dengan metode musyawarah dan komunikasi intensif melalui pelibatan pihak-pihak yang bertanggung jawab berdasar tugasnya. Mengenai manajemen stategi diwujudkan dengan adanya laporan triwulan atau setiap tiga bulan mengenai progress.
Kata Kunci : Akuntabilitasl, Penggunaan Operasional,Perumusan Strategi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Political Science
Depositing User: Apriyanto MIPOL
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:20
Last Modified: 21 Jun 2024 09:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23791

Actions (login required)

View Item View Item