Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN TERPAAN KAMPANYE 30 HARI TANPA MINUMAN MANIS DAN TERPAAN BERITA DIABETES TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MINUMAN MANIS

Izzah, Saniyyah Nurul (2024) HUBUNGAN TERPAAN KAMPANYE 30 HARI TANPA MINUMAN MANIS DAN TERPAAN BERITA DIABETES TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MINUMAN MANIS. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (680kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (809kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Tingginya tingkat konsumsi minuman manis pada masyarakat menjadi salah satu
hal yang mengkhawatirkan dan tengah menjadi isu yang hangat dibahas. Indonesia
menempati posisi ke-3 di Asia Tenggara dengan konsumsi minuman manis terbanyak.
Salah satu upaya untuk mengurangi konsumsi minuman manis adalah Kampanye 30
Hari Tanpa Minuman Manis. Kampanye ini merupakan salah satu tren di sosial media
yang menantang individu untuk tidak mengkonsumsi minuman manis dalam waktu 30
hari. Media online seperti Detik dan Kompas pun turut berupaya untuk menekan
tingginya konsumsi minuman manis di masyarakat melalui berita diabetes yang
diakibatkan karena konsumsi minuman manis dalam bentuk berita kejadian maupun
artikel. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan di antara terpaan
Kampanye 30 Hari Tanpa Minuman Manis dan Terpaan Berita Diabetes terhadap
Perilaku Konsumsi Minuman Manis. Jumlah sampel terdiri dari 100 responden berusia
18-35 tahun yang pernah terpapar informasi mengenai Kampanye 30 Hari Tanpa
Minuman Manis dan berita diabetes. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Theory Reasoned Action atau TRA. Sampel diambil menggunakan purposive sampling
dan diuji dengan Uji Kendall’s Tau_b.
Dari hasil penelitian, nilai uji antara variabel terpaan Kampanye 30 Hari Tanpa
Minuman Manis dan perilaku konsumsi minuman manis memiliki signifikansi sebesar
0,861 lebih besar daripada 0,05 di mana hubungan antar variabel tidak signifikan.
Informasi dan pesan dari kampanye 30 Hari Tanpa Minuman Manis yang didapatkan
responden tidak bisa merubah perilaku responden dalam mengkonsumsi minuman
manis namun hanya bisa merubah sikap responden terhadap konsumsi minuman manis.
Variabel terpaan berita dan perilaku konsumsi minuman manis memiliki nilai
signifikansi 0,295 lebih besar daripada 0,05 yang berarti hubungan antar variabel juga
tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa informasi dan pesan dari berita diabetes di
media online tidak bisa menjadi faktor utama penyebab perubahan perilaku konsumsi
minuman manis individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan
antara kedua variabel independen terpaan kampanye dan terpaan berita dengan variabel
dependen perilaku konsumsi minuman manis.
Kata Kunci : Terpaan Kampanye, Terpaan Berita, Perilaku, Minuman Manis,
Theory Reasoned Action.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:14
Last Modified: 20 Jun 2024 08:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23732

Actions (login required)

View Item View Item