Search for collections on Undip Repository

MOTIF UMKM MENGGUNAKAN SHARIA CROWDFUNDING (Studi pada Forum UMKM Cikarang Utara)

ARDHANA, Mellania Anjani Oktavia (2024) MOTIF UMKM MENGGUNAKAN SHARIA CROWDFUNDING (Studi pada Forum UMKM Cikarang Utara). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020218140080.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020218140080.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020218140080.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020218140080.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka____12020218140080.pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020218140080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peran penting UMKM pada perekonomian nasional menjadi isu yang menarik untuk
dibahas. Terlebih dukungan yang kurang pada UMKM dari segi permodalan.
Hadirnya crowdfunding sharia memperluas akses dalam hal pendanaan. Perjalanan
layanan urun dana syariah sendiri tidak terlepas dari hambatan dan kendala yang pada
akhirnya dapat mempengaruhi minat penggunaan layanan urun dana. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use,
trust, perceived risk, kualitas layanan, dan sharia compliance terhadap minat
menggunakan layanan urun dana syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian
yaitu analisis regresi linier berganda dengan alat analisis Smart PLS versi 3. Data
primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 127 anggota Forum UMKM
Cikarang Utara. Hasil penelitian menyatakan bahwa perceived usefulness, trust, dan
sharia compliance berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan urun
dana syariah, sedangkan perceived risk dan perceived ease of use tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat menggunakan layanan urun dana syariah. Perceived
usefulness adalah variabel yang berpengaruh paling kuat pada minat menggunakan
layanan urun dana syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: layanan urun dana syariah, minat menggunakan layanan urun dana syariah, dan UMKM
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:48
Last Modified: 14 Jun 2024 08:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item View Item