Search for collections on Undip Repository

TANGGUNG JAWAB KURATOR DALAM EKSEKUSI LELANG HARTA PAILIT DI BAWAH HARGA PASAR. _110 DAGANG 2024

TITANIA, CLARA and Mahmudah, Siti and Prasetyo, Agung Basuki (2024) TANGGUNG JAWAB KURATOR DALAM EKSEKUSI LELANG HARTA PAILIT DI BAWAH HARGA PASAR. _110 DAGANG 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Clara Titania_cover.pdf

Download (597kB)
[img] Text
Clara Titania_abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Clara Titania_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
Clara Titania_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
Clara Titania_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
Clara Titania_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
Clara Titania_dapus.pdf

Download (246kB)

Abstract

Kepailitan adalah keadaan ketika debitor berhenti membayar hutang yang sudah jatuh tempo dengan tujuan dilakukannya pemberesan harta debitor pailit oleh kurator. Inventaris harta pailit secara praktik masih seringkali terjadi pengurangan dalam nilai harta debitor. Pengurangan ini bisa terjadi karena fluktuasi harga,
kondisi barang, dan kelalaian kurator. Permasalahan timbul ketika nilai harta pailit tidak menutup jumlah hutang, hal ini membuat adanya kesulitan dalam pembagian pemulihan hutang terutama kepada kreditor pemegang jaminan. Penelitian bertujuan untuk membahas pengaturan pemulihan hutang kepada kreditor separatis serta tanggung jawab kurator terhadap eksekusi lelang di bawah harga pasar. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder yang didukung data primer, yaitu wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa keterbatasan nilai harta dari eksekusi jaminan di bawah harga pasar yang tidak menutup hutang debitor pailit kepada kreditor separatis akan membuat kedudukan kreditor separatis menjadi kreditor konkuren dan eksekusi di bawah harga pasar yang terjadi secara alami bukan menjadi tanggung jawab kurator, akan tetapi eksekusi di bawah harga pasar yang terjadi karena kelalaian seorang kurator merupakan bentuk perbuatan melawan hukum sesuai dengan Pasal 1365 KUHPerdata.
Kata Kunci: Kepailitan; Harta Pailit; Kurator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepailitan; Harta Pailit; Kurator
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:19
Last Modified: 08 Jul 2024 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item View Item