Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK, INDEKS MASSA TUBUH DAN POLA TIDUR DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI USIA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG

PASARIBU, MEGA MAHARANI PUTRI FLORAWATI (2024) HUBUNGAN KEBIASAAN MEROKOK, INDEKS MASSA TUBUH DAN POLA TIDUR DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI USIA PRODUKTIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGDORO KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO MEGA.pdf

Download (610kB)

Abstract

Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik melebihi angka 140 mmHg serta tekanan darah diastolik melebihi angka 90 mmHg. Hipertensi tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa dikontrol secara teratur. Pada usia produktif, hipertensi dapat mempengaruhi produktivitas hingga menimbulkan masalah baru dari aspek sosial dan ekonomi. Hipertensi menempati peringkat 10 besar kategori penyakit rawat jalan di Puskesmas Karangdoro dan dianggap sebagai masalah prioritas penyakit tidak menular. Tujuan penelitian ini untuk untuk menganalisis hubungan antara kebiasaan merokok, indeks massa tubuh dan pola tidur dengan kejadian hipertensi usia produktif di Wilayah Kerja Puskesmas Karangdoro Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan desain studi cross sectional. Subjek penelitian 100 responden usia 19-55 tahun di wilayah kerja Puskesmas Karangdoro. Analisis data menggunakan Chi-square test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara perilaku merokok (p-value = 0,000), lama merokok (p-value = 0,000), jumlah rokok perhari (p-value = 0,002), jenis rokok (p-value = 0,000), indeks massa tubuh (p-value = 0,000), dan pola tidur (p-value = 0,000) dengan kejadian hipertensi usia produktif di wilayah Kerja Puskesmas Karangdoro. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan merokok (perilaku merokok, lama merokok, jumlah rokok, dan jenis rokok) indeks massa tubuh, dan pola tidur merupakan faktor risiko yang berhubungan dengan kejadian hipertensi usia produktif di wilayah kerja Puskesmas Karangdoro. Saran bagi masyarakat yaitu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dengan mengikuti kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) dan Lawang Sewu.

Kata Kunci : Kebiasaan Merokok, Indeks Massa Tubuh, Pola Tidur, Hipertensi, Usia Produktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:12
Last Modified: 11 Jun 2024 06:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23523

Actions (login required)

View Item View Item