Search for collections on Undip Repository

KORELASI INDEKS MASSA TUBUH DENGAN PROFIL HEMATOLOGI PADA PASIEN KANKER METASTASIS TULANG YANG MENJALANI RADIOTERAPI AREA VERTEBRA ATAU PELVIS

Rashali, Fatimah and Prajoko, Yan Wisnu and Prihharsanti, Nawangsih and Wikanta, Edmond Rukmana (2023) KORELASI INDEKS MASSA TUBUH DENGAN PROFIL HEMATOLOGI PADA PASIEN KANKER METASTASIS TULANG YANG MENJALANI RADIOTERAPI AREA VERTEBRA ATAU PELVIS. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak_Fatimah Rashali_22010120140111)
Abstrak_Fatimah Rashali_22010120140111.pdf

Download (205kB)

Abstract

Latar Belakang: Efek samping radioterapi dapat menginduksi kematian sel-sel, salah satunya kematian sel-sel darah, sel punca dan sel berproliferasi sehingga terjadi penekanan hematopoiesis dan juga penipisan mukosa lambung dan usus yang berpengaruh terhadap timbulnya permasalahan gizi. Pelvis dan area lumbar tulang belakang merupakan tempat produksi sumsum tulang terbanyak dalam tubuh. Indeks Massa Tubuh (IMT) yang merupakan salah satu parameter penentu status gizi memiliki kaitan dengan adanya penurunan kadar Hb, jumlah leukosit, dan jumlah trombosit terhadap terjadinya permasalahan kesehatan.

Tujuan: Untuk mengetahui korelasi antara Indeks Massa Tubuh dengan kadar Hb, jumlah leukosit, dan jumlah trombosit pada pasien kanker metastasis tulang yang menjalani radioterapi area vertebra atau pelvis.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain one group pre-post study dan menggunakan kajian rekam medis dari RSUP Dr. Kariadi Semarang. Terdapat 33 sampel yang digunakan pada penelitian ini. Uji statistik menggunakan uji normalitas Saphiro-Wilk, selanjutnya menggunakan uji korelatif berupa Uji Pearson dan Uji Spearman’s.

Hasil: Selisih Indeks Massa Tubuh dengan selisih kadar Hb terdapat korelasi yang signifikan dengan arah dan kekuatannya positif lemah (p=0,031) (r=0,376). Selisih Indeks Massa Tubuh dengan selisih jumlah leukosit tidak terdapat korelasi yang signifikan (p=0,516). Selisih Indeks Massa Tubuh dengan selisih jumlah trombosit tidak terdapat korelasi yang signifikan (p=0,555).

Kesimpulan: Terdapat korelasi yang signifikan antara selisih Indeks Massa Tubuh dengan selisih kadar Hb. Sedangkan, selisih Indeks Massa Tubuh dengan selisih jumlah leukosit dan selisih jumlah trombosit tidak terdapat korelasi yang signifikan.

Kata kunci: Radioterapi, Metastasis Tulang, Indeks Massa Tubuh, Kadar Hemoglobin, Jumlah Leukosit, Jumlah Trombosit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Radioterapi, Metastasis Tulang, Indeks Massa Tubuh, Kadar Hemoglobin, Jumlah Leukosit, Jumlah Trombosit.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:12
Last Modified: 11 Jun 2024 02:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item