NOVANO, Maura Cheza (2024) PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN APLIKASI BRIMO (BRI MOBILE) TERHADAP CUSTOMER BRAND LOYALTY DENGAN BRAND KNOWLEDGE SEBAGAI ANTESEDEN DAN BRAND SATISFACTION SEBAGAI MEDIATOR. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Text (Cover)
1._S___Cover___12010120130274.pdf - Published Version Download (221kB) |
|
Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010120130274.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010120130274.pdf - Published Version Download (208kB) |
|
Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010120130274.pdf - Published Version Download (253kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010120130274.pdf - Published Version Download (367kB) |
|
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010120130274.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand knowledge,
dimensi kualitas, dimensi nilai, dan brand satisfaction terhadap brand loyalty pada
aplikasi BRImo. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengadopsi teori fourstage loyalty yang dikembangkan oleh Oliver sebagai pedoman. Penelitian ini juga
berusaha mengisi celah pengetahuan dengan mengeksplorasi peran mediasi faktor
kualitas, nilai, dan kepuasan dalam konteks aplikasi layanan, sejalan dengan temuan
penelitian sebelumnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah survei online terhadap pengguna
layanan aplikasi BRImo, dengan berhasil mengumpulkan data dari 167 responden.
Data dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan dioperasikan melalui
software Analysis of Moment Structure (AMOS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand knowledge memiliki pengaruh
positif terhadap dimensi kualitas, yaitu information usefulness, design aesthetics, dan
technology excellence. Information usefulness, design aesthetics, dan technology
excellence berpengaruh positif terhadap functional value dan emotional value.
Functional value dan emotional value berpengaruh positif terhadap brand satisfaction,
yang selanjutnya berpengaruh positif terhadap brand loyalty. Brand Satisfaction
memiliki pengaruh positif terhadap Brand Loyalty, mengonfirmasi bahwa kepuasan
konsumen menjadi faktor utama dalam membangun loyalitas merek. Hasil penelitian
ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang hubungan kompleks
antara variabel brand knowledge, kualitas, nilai, kepuasan, dan loyalitas merek dalam
konteks aplikasi BRImo
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi m-banking¸ Brand Loyalty, Brand Satisfaction, Dimensi Kualitas, Dimensi Nilai. |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Department of Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:52 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:52 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23473 |
Actions (login required)
View Item |