Search for collections on Undip Repository

EFEKTIVITAS APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DALAM PROSES PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (JHT) BAGI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN (STUDI PADA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG SEMARANG). _43 HAN 2024

GUPITASARI, RANI LAURA and Sa'adah, Nabitatus and Suhartoyo, Suhartoyo (2024) EFEKTIVITAS APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DALAM PROSES PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (JHT) BAGI PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN (STUDI PADA BPJS KETENAGAKERJAAN KANTOR CABANG SEMARANG). _43 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Rani Laura Gupitasari-cover.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Rani Laura Gupitasari-abstrak.pdf

Download (267kB)
[img] Text
Rani Laura Gupitasari-bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rani Laura Gupitasari-bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rani Laura Gupitasari-bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
randy rosianto-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
Rani Laura Gupitasari-dapus.pdf

Download (381kB)

Abstract

Pelayanan publik dapat diartikan sebagai bentuk layanan untuk melayani keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi tersebut sesuai dengan aturan pokok dan tata cara yang telah ditetapkan. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga pelayanan publik di bidang jaminan sosial selalu meningkatkan kualitas layanannya melalui inovasi teknologi yang terus berkembang. Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) merupakan inovasi BPJS Ketenagakerjaan untuk memudahkan peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), hambatan dalam penggunaan aplikasi JMO untuk pencairan JHT, serta upaya yang dapat dilakukan BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan efektivitas aplikasi JMO dalam proses pencairan JHT. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan masalah yang diangkat adalah Yuridis Empiris. Penelitian Yuridis Empiris adalah jenis penelitian hukum yang berfokus pada pengumpulan dan analisis data empiris, yang didasarkan pada pengamatan, pengukuran, dan analisis data lapangan atau data yang dapat diamati. Metode ini mencoba memahami dan menjelaskan realitas hukum melalui bukti-bukti empiris yang diperoleh di dunia nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) terbukti efektif bagi pencairan JHT karena sekitar 70% dari seluruh peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan telah beralih menggunakan aplikasi JMO untuk pencairan JHT dan mereka merasa puas akan layanan yang ada di dalam aplikasi JMO tersebut. Hambatan yang dialami oleh peserta selama penggunaan aplikasi JMO adalah kegagalan login, masalah teknis, batasan saldo JHT untuk pencairan melalui JMO, keterbatasan perangkat seluler, kurangnya ketrampilan teknologi, koneksi internet yang tidak stabil, dan kesalahan input data, sedangkan hambatan yang ditemui oleh pekerja BPJS Ketenagakerjaan yakni harus menjelaskan kesalahan yang terjadi pada aplikasi JMO kepada peserta, menghadapi jadwal maintenance yang tidak pasti, pencocokan data peserta dengan saldo yang masih bersifat konvensional, serta mengatasi masalah server. Upaya-upaya yang diambil BPJS Ketenagakerjaan dalam mengatasinya yakni peningkatan UI dan UX, edukasi intensif kepada peserta, pembaruan aplikasi sesuai kebutuhan, serta menyediakan dukungan teknis yang responsif.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, BPJS Ketenagakerjaan, Jamsostek Mobile (JMO), Jaminan Hari Tua (JHT)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, BPJS Ketenagakerjaan, Jamsostek Mobile (JMO), Jaminan Hari Tua (JHT)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:41
Last Modified: 04 Jul 2024 07:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item