Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAYANAN ONLINE SIRANCAK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG (Studi Tentang Keandalan, Ketanggapan, dan Jaminan Layanan)

DIANI, RESTY OKTA (2024) ANALISIS PELAYANAN ONLINE SIRANCAK DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG (Studi Tentang Keandalan, Ketanggapan, dan Jaminan Layanan). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan online SIRANCAK
(Sistem Informasi Terpadu Pencatatan Administrasi Kependudukan) Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dalam menyediakan layanan
kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada keandalan
(Reliability), ketanggapan (responsiveness), dan jaminan (Assurance) layanan
yang diberikan oleh sistem tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengguna
SIRANCAK dan petugas pelayanan, observasi langsung terhadap penggunaan
sistem, serta analisis dokumentasi terkait layanan yang disediakan oleh Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pelayanan online SIRANCAK dinilai cukup baik dan telah memberikan
kemudahan bagi masyarakat kota Padang dalam melakukan proses administrasi
kependudukan dan pencatatan sipil. Pelayanan online SIRANCAK Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang memiliki keandalan yang baik
dalam menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada masyarakat.
Namun, terdapat beberapa kendala terkait ketanggapan sistem dalam menanggapi
permintaan pengguna, serta masih ditemukan beberapa kekurangan terkait
pelaksanaan mekanisme jaminan layanan. Oleh karena itu, disarankan agar Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang terus melakukan evaluasi dan
perbaikan terhadap pelayanan online SIRANCAK agar dapat terus berkembang
dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat Kota Padang.
Kata kunci : Pelayanan Online SIRANCAK, Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Padang, Keandalan, Ketanggapan, dan Jaminan Layanan
No, Skripsi : 60/kom/2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:56
Last Modified: 03 Jun 2024 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23322

Actions (login required)

View Item View Item