Search for collections on Undip Repository

Solusi Optimal Untuk Masalah Transportasi Fuzzy Bilangan Triangular Menggunakan Metode IZPM (Improved Zero Point Method)

Syah, Muhammad Raid Fathin (2024) Solusi Optimal Untuk Masalah Transportasi Fuzzy Bilangan Triangular Menggunakan Metode IZPM (Improved Zero Point Method). Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
Pendahuluan - Fathin Syah.docx

Download (44kB)
[img] Text
Isi - Fathin Syah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - Fathin Syah.docx

Download (15kB)

Abstract

Transportasi merupakan cara yang dipilih dalam pengaturan distribusi barang atau jasa dari sumber sampai ke lokasi secara optimal sehingga biaya distribusi yang dikeluarkan dapat diminimalkan. Pembentukan model transportasi pada masalah di dunia nyata nilai parameternya tidak selalu pasti. Banyak faktor yang tidak terkendali, sehingga menimbulkan masalah transportasi fuzzy. Penyelesaian masalah transportasi terdapat dua langkah, yaitu menentukan solusi fisibel awal dan dilanjut dengan mencari solusi optimal dari solusi fisibel awal. Akan tetapi terdapat metode untuk langsung menemukan solusi optimal. Improved Zero Point Method (IZPM) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mencari solusi optimal dari masalah transportasi. Diberikan simulasi data pada 2 masalah transportasi triangular fuzzy menggunakan metode IZPM, kemudian hasil yang diperoleh dibandingkan dengan metode VAM dan dilanjutkan menghitung solusi optimal melalui metode Stepping Stone. Berikutnya dilakukan perhitungan untuk solusi optimal melalui metode Stepping Stone dari hasil solusi fisibel awal menggunakan metode VAM. Diperoleh bahwa metode IZPM memberikan solusi optimal yang lebih baik dari metode VAM. Kemudian, hasil dari perhitungan solusi optimal menunjukkan bahwa metode IZPM dapat langsung memberikan solusi yang optimal untuk kedua contoh masalah transportasi triangular fuzzy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 30 May 2024 06:31
Last Modified: 30 May 2024 06:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item