Search for collections on Undip Repository

ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG KORBAN PRICE DISCRIMINATION OLEH MASKAPAI GARUDA INDONESIA MENURUT UU NO. 8 TAHUN 1999 (Studi Kasus Putusan KPPU Perkara Nomor 06/KPPU-L/2020). _ 93 Dagang 2024

DHILLON, DILBAAG KAUR and Njatrijani, Rinitami and Ananingsih, Sri Wahyu (2024) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENUMPANG KORBAN PRICE DISCRIMINATION OLEH MASKAPAI GARUDA INDONESIA MENURUT UU NO. 8 TAHUN 1999 (Studi Kasus Putusan KPPU Perkara Nomor 06/KPPU-L/2020). _ 93 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_cover.pdf

Download (889kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_abstrak.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
DILBAAG KAUR DHILLON_dapus.pdf

Download (246kB)

Abstract

Diskriminasi harga merupakan salah satu contoh bentuk persaingan usaha tidak sehat yang memiliki beberapa motif namun pada kasus ini adanya kesepakatan diantara pelaku usaha dan mitra yang dipilih secara sepihak oleh perusahaan dengan tujuan untuk melakukan penjualan tiket umroh sesuai dengan kebijakan yang mereka buat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum yang diberikan oleh pemerintah kepada korban dalam rangka memenuhi hak-hak konsumen yang tercantum di dalam undang-undang perlindungan konsumen. Metode analisis yang digunakan di dalam penulisan hukum ini yaitu metode yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Dalam penulisan hukum ini juga berdasarkan studi kasus putusan KPPU terhadap kasus Maskapai Garuda Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa maskapai Garuda Indonesia terbukti telah melakukan tindakan diskriminasi harga dengan melakukan pemilihan mitra penjual dan dalam upaya mewujudkan perlindungan hukum untuk korban, maskapai Garuda Indonesia dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang mengatur.
Kata kunci : Diskriminasi harga,persaingan usaha dan perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi harga,persaingan usaha dan perlindungan konsumen
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:18
Last Modified: 10 Jun 2024 08:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/23224

Actions (login required)

View Item View Item